ANTARA

Robertus Asso harapan Papua di tarung derajat

17 September 2024 15:32 WIB
Robertus Asso harapan Papua di tarung derajat
Robertus Asso menjadi satu-satunya atlet Papua yang berlaga di cabang tarung derajat PON XXI Aceh-Sumut 2024 di Bale Meuseuraya Aceh (BMA) Banda Aceh.ANTARA/Mario Sofia Nasution
Banda Aceh (ANTARA) - Robertus Asso menjadi harapan Papua di cabang olahraga tarung derajat Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI Aceh-Sumut 2024 karena menjadi satu-satunya atlet Papua yang berlaga di Bale Meuseuraya Aceh (BMA) Banda Aceh.

“Ini bukan menjadi beban tapi lebih kepada tanggung jawab untuk membawa nama Papua di ajang tarung derajat PON Aceh-Sumut,” kata Robertus Asso di Banda Aceh, Selasa.

Ia mengatakan akan memberikan yang terbaik meski tak dapat menjanjikan medali emas, dirinya akan berupaya menjadi yang terbaik di nomor pertandingan tarung 75,1-80kg putra.

Di pertandingan pertama, pria bertubuh kekar ini berhasil mengalahkan atlet Kalimantan Barat Ranto dengan skor 3-0. Selanjutnya pada hari ini dirinya akan bertarung untuk memastikan satu tiket ke babak semifinal yang digelar pada Rabu (18/9).

Baca juga: Tarung derajat rampungkan 20 partai tarung di hari pertama

Menurut dia meski Papua keluar sebagai juara umum di PON XX di cabang tarung derajat, persiapan yang dilakukan kontingen Papua sangat sedikit.

“Saya ikut TC hanya selama dua minggu jelang keberangkatan. Ini tentu sedikit sekali tapi kami bekerja keras memberikan yang terbaik,” kata dia.

Robertus Asso di PON XX Papua 2021 berhasil meraih medali emas nomor 70,1-75kg putra dan di PON Aceh-Sumut ini dirinya naik kelas ke nomor di atasnya.

“Naik kelas ini terjadi karena kelebihan berat badan karena persiapan yang sedikit,” kata dia.

Robertus berjanji akan memberikan segala kemampuan terbaiknya dalam pertandingan ini sehingga dapat kembali meraih medali emas di “Bumi Serambi Mekah”ini.

Baca juga: KONI Aceh targetkan dapat tujuh medali emas di cabang tarung derajat

Sebelumnya asisten pelatih tarung derajat Papua Akdamina Susana Epa mengatakan peluang meraih medali emas berpulang kepada sang atlet yang bertarung di atas matras untuk mengeluarkan kemampuan terbaik mereka untuk jadi pemenang.

“Menang atau kalah itu semua atlet yang memutuskan di atas matras. Kami sudah berikan yang terbaik dan ini berpulang kepada sang atlet,” kata dia.

Provinsi Papua yang menjadi juara umum pada cabang olahraga tarung derajat pada PON Papua 2021 hanya meloloskan satu atlet untuk tampil di PON Aceh-Sumut 2024.

Saat itu Papua menjadi juara umum cabang olahraga tarung derajat di PON Papua yang digelar di Gedung Eme Neme Yauware, Mimika pada 2021. Tim tuan rumah berhasil menjadi yang terbaik dengan empat medali emas, tiga medali perak, dan empat medali perunggu.

 

Pewarta: Mario Sofia Nasution
Editor: Teguh Handoko
Sumber: ANTARA