RRI

Ribuan Personel Amankan Penutupan PON XXI 2024

17 September 2024 19:45 WIB
Ribuan Personel Amankan Penutupan PON XXI 2024
Sejumlah personel polisi melakukan pengamanan venue Pencak Silat PON XXI Aceh-Sumut 2024 dengan membawa anjing pelacak di GOR Veteran Dinas Pemuda dan Olahraga Sumatra Utara (Disporasu), Medan, Sumatra Utara, Rabu (11/9/2024) (Foto: ANTARA FOTO/Makna Zaezar/rwa.)

KBRN, Medan: Sebanyak 1.123 personel gabungan TNI, Polri, dan instansi lain diturunkan menjaga keamanan upacara penutupan PON Aceh-Sumatra Utara 2024. Presiden RI Joko Widodo dijadwalkan akan datang langsung menutup PON di Stadion Utama, Sumut Sport Center, Jumat (20/9/2024).

Wakil Kepala Kepolisian Daerah Sumatra Utara Brigjen Pol Rony Samtana merinci, personel gabungan itu. Personel gabungan terdiri dari 882 polisi, dan 241 personel TNI, Satpol PP, pemadam kebakaran, dan Dinas Kesehatan Sumatra Utara.

"Ini akan mengamankan keseluruhan rangkaian kegiatan upacara penutupan. Terdapat empat objek utama yang akan menjadi fokus pengamanan, yakni tempat, orang, barang, dan kegiatan," kata Rony, Selasa (17/9/2024).

Tempat utama yang menjadi fokus pengamanan adalah Stadion Utama Sumatra Utara. Stadion ini telah siap digunakan untuk upacara penutupan yang akan dihadiri oleh para pejabat negara, atlet, dan masyarakat.

"Alhamdulillah, sampai pengecekan terakhir, stadion sudah siap untuk upacara penutupan. Selain stadion, lokasi penginapan tamu-tamu VIP dan VVIP juga menjadi area yang akan dijaga ketat," ucapnya menambahkan.

Tamu penting yang hadir, termasuk Presiden RI beserta para pejabat lainnya, akan menginap di hotel yang sudah dipastikan keamanannya. Selain itu, pengaman orang akan dibagi ke dalam tiga kategori, yaitu VIP dan VVIP, atlet dan ofisial, serta masyarakat umum.  

"Kami akan fokus pada pengamanan orang-orang yang secara posisi dan peran sangat penting, termasuk Presiden. Kami siap melakukan pengamanan kegiatan upacara penutupan," ujarnya.

"Prinsip bagi kami adalah bagaimana upacara penutupan berjalan tertib, lancar dan aman. Mohon kerja samanya untuk mematuhi aturan petugas," kata Rony menutup.

Upacara penutupan PON XXI Aceh-Sumatera 2024 akan berlangsung di Stadion Utama, Sumut Sport Center, Jumat (20/9/2024). Puluhan ribu elemen mulai dari VIP dan VVIP, atlet dan ofisial, serta masyarakat umum akan meramaikan penutupan PON.  

Pewarta: Rifki
Editor: Seprianto
Sumber: RRI