TVRI

  • Beranda
  • Berita
  • Riau Raih Emas Pada Pertandingan Anggar Degen Beregu Putra di PON XXI Aceh-Sumut 2024 Berkat Persiapan Sederhana

Riau Raih Emas Pada Pertandingan Anggar Degen Beregu Putra di PON XXI Aceh-Sumut 2024 Berkat Persiapan Sederhana

16 September 2024 23:11 WIB
Riau Raih Emas Pada Pertandingan Anggar Degen Beregu Putra di PON XXI Aceh-Sumut 2024 Berkat Persiapan Sederhana

TVRINews, Banda Aceh

Tim anggar Riau berhasil meraih medali emas di pertandingan final degen beregu putra pada Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI Aceh-Sumut 2024. Kemenangan ini diperoleh setelah mengalahkan tim tuan rumah, Aceh, dengan skor 45-35 dalam final yang berlangsung di GOR Anggar Komplek Stadion Harapan Bangsa, Banda Aceh, pada Senin, 16 September 2024.

Keberhasilan tim Riau ini dicapai dengan persiapan yang relatif sederhana. Menurut Ketua Umum Ikatan Keluarga Anggar Seluruh Indonesia (IKASI), Hariyanto, tim Riau hanya memiliki waktu persiapan selama 45 hari di bawah Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI), ditambah 3 bulan latihan mandiri.

“Persiapan kami sangat sederhana. Kalau dibandingkan dengan Aceh, mungkin jauh. Tetapi, kesederhanaan itu ternyata cukup untuk mengantarkan kami meraih emas,” kata Hariyanto di GOR Anggar Komplek Stadion Harapan Bangsa, Banda Aceh, Senin, 16 September 2024.

Kemudian, Hariyanto juga menekankan bahwa pengalaman Riau dalam cabang anggar, terutama di nomor degen beregu putra, menjadi kunci penting dalam kemenangan ini.

"Memang dari dulu Degen Beregu Putra itu selalu dipegang oleh Riau, jadi mungkin menang pengalaman lah dibanding Aceh," ucapnya.

Pertandingan final sendiri berlangsung sengit, dengan kedua tim saling kejar-kejaran skor hingga seri pada babak kelima hingga ketujuh. Namun, di babak kedelapan, Riau berhasil melesat dengan skor 40, sementara Aceh tertahan di angka 32, hingga akhirnya pertandingan berakhir dengan kemenangan Riau.

Meski Riau harus mengakui keunggulan Aceh sebagai juara umum di cabang anggar pada PON kali ini, prestasi ini tetap menjadi pencapaian besar bagi kontingen Riau.


Sumber: TVRI