ANTARA

  • Beranda
  • Berita
  • Wisatawan umum ramai berkunjung ke Aceh saat PON XXI

Wisatawan umum ramai berkunjung ke Aceh saat PON XXI

17 September 2024 21:42 WIB
Wisatawan umum ramai berkunjung ke Aceh saat PON XXI
Pengunjung berswafoto di halaman Masjid Raya Baiturrahman Banda Aceh, Aceh, Jumat ( 13/9/2024). ANTARA FOTO/Adeng Bustomi/pras. (
Banda Aceh (ANTARA) - Selama penyelenggaraan Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI Aceh-Sumatera 2024, kunjungan ke Provinsi Aceh tidak hanya berasal dari para atlet, panitia, dan tim pendukung, tapi juga wisatawan umum dari berbagai wilayah di Indonesia.

Hal itu disampaikan oleh Kepala Bidang Pemasaran Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Aceh Teuku Hendra Faisal. Ia menyatakan bahwa kunjungan wisatawan ke Aceh umumnya untuk melihat langsung rangkaian pertandingan PON XXI Aceh-Sumut 2024 serta mengeksplorasi destinasi wisata dan ragam kuliner di Tanah Rencong.

"Kita melihat di Aceh begitu ramai orang. Pada saat kita telusuri dengan teman-teman di lapangan, rupanya ini bukan hanya atlet tapi ini juga wisatawan Nusantara dari luar provinsi Aceh yang berkunjung ke Aceh," kata Hendra dalam konferensi pers di Banda Aceh pada Selasa.

Ramainya kunjungan wisatawan dalam negeri, kata Hendra, turut memberikan dampak positif bagi perputaran ekonomi di Aceh, utamanya di sektor pariwisata.

"Luar biasa, artinya dampak ekonomi yang sangat baik bagi Aceh, hotel penuh, penginapan penuh, transportasi, semua penuh apalagi rumah makan, kafe, ini semua kebagian rejeki," ujarnya.

Baca juga: Pj Gubernur ajak peserta PON eksplor objek wisata hingga kuliner Aceh

Oleh karenanya, Hendra meminta pelaku industri pariwisata serta masyarakat secara umum untuk menyambut baik para siapapun yang berkunjung ke Aceh seperti yang diajarkan nilai budaya lokal peumeulia jamee atau memuliakan tamu.

"Mereka (wisatawan) bisa menyampaikan kepada seluruh saudara, sanak famili, dan kerabat dari Aceh, dia bisa menyampaikan yang baik tentang Aceh," imbuhnya.

Pemerintah Provinsi Aceh berkolaborasi dengan kementerian dan lembaga terkait menggelar sejumlah festival budaya dan pameran usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) di beberapa kabupaten/kota untuk memeriahkan penyelenggaraan ajang Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI Aceh-Sumatera Utara 2024.

Hendra menjelaskan rangkaian festival budaya dan kuliner yang tergabung dalam Aceh Festival 2024 ini digelar untuk mempromosikan pariwisata Aceh kepada atlet, tim pendukung, serta wisatawan yang datang selama ajang PON XXI.

"Di sini lah momentum kita coba mengangkat wajah Aceh di seluruh masyarakat pengunjung khususnya tamu-tamu kita yang mengikuti pertandingan cabang olahraga di daerah kita," kata Hendra.

Baca juga: PON buat angka kunjungan Masjid Raya Baiturrahman melonjak

Baca juga: Laut biru dan pasir putih berpadu indah di Pantai Babah Kuala Lhoknga

Pewarta: Farhan Arda Nugraha
Editor: Irwan Suhirwandi
Sumber: ANTARA