TVRI

  • Beranda
  • Berita
  • Atlet Muda Cabor Angkat Berat Radhwah Raihanah, Raih Medali Perunggu di PON XXI Aceh-Sumut 2024 Pada Kelas 52 kg Putri

Atlet Muda Cabor Angkat Berat Radhwah Raihanah, Raih Medali Perunggu di PON XXI Aceh-Sumut 2024 Pada Kelas 52 kg Putri

17 September 2024 17:01 WIB
Atlet Muda Cabor Angkat Berat Radhwah Raihanah, Raih Medali Perunggu di PON XXI Aceh-Sumut 2024 Pada Kelas 52 kg Putri

TVRINews, Banda Aceh

Atlet angkat berat muda berbakat, Radhwah Raihanah, yang baru berusia 14 tahun, berhasil mencatatkan namanya di podium Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI Aceh-Sumut 2024. Radhwah sukses meraih medali perunggu pada nomor 52 kg putri dengan total angkatan 370 kg.

Prestasi ini merupakan pencapaian kedua Radhwah di dunia angkat berat. Sebelumnya, gadis kelahiran 9 Juni 2010 ini telah meraih medali emas di ajang Pekan Olahraga Aceh (PORA) 2022 di Kabupaten Pidie, juga di kelas 52 kg putri, saat usianya masih 12 tahun.

Radhwah mulai tertarik pada olahraga angkat berat ketika melihat kakaknya, Cherli, yang juga seorang atlet di kelas 62 kg. Inspirasi dari sang kakak yang berhasil membantu keluarga dengan menjadi atlet, membuat Radhwah memutuskan untuk mengikuti jejaknya.

"Awalnya karena melihat kakak yang jadi atlet angkat berat, bisa pergi ke mana-mana, bisa beli rumah, beli motor dengan menjadi atlet, akhirnya saya ikut jejak kakak saya untuk menjadi atlet angkat berat,” kata Radhwah di komplek stadion harapan bangsa, Banda Aceh, kutip pada Selasa, 17 September 2024.

Kemudian, Radhwah mengaku tidak pernah mengetahui berapa total angkatan yang ia raih setiap kali bertanding.

“Saya tidak tahu berapa angkatan saya setiap kali bertanding, karena kata pelatih jangan lihat-lihat berapa capaianmu, nanti jadi beban dan kepikiran. Fokus saja untuk mengangkat, berapapun yang kamu dapat, itulah yang terbaik,” ucapnya.

Baca Juga: Bacawagub Rano Karno Upayakan Pendidikan Tanpa Biaya Bagi yang Kurang Mampu


Sumber: TVRI