RRI

PON Papua Ajang Pencarian Atlet Berbakat

3 Oktober 2021 01:30 WIB
PON Papua Ajang Pencarian Atlet Berbakat

KBRN, Jakarta: Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua disebut sebagai ajang untuk mencari atlet-atlet berbakat dari seluruh Indonesia, terutama dari Bumi Cenderawasih tersebut.

Kepala Bidang Olahraga Daerah Deputi IV Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) RI, Aziz Ariyanto mengungkapkan, bahwa Papua adalah salah satu provinsi yang sering menyumbangkan atlet membela nama Indonesia di kancah internasional.

"Dari PON gambaran talenta terpendam. Pembinaan akan ditingkatkan. Lebih bagus lagi disiapkan kompetisi. Atlet latihan terus," ungkapnya dalam webinar nasional bertajuk ‘Keamanan PON XX Papua, Kehormatan Bangsa’ yang digelar Jakarta Journalist Center, Jakarta, Sabtu (2/10/2021).

Aziz menyampaikan, tujuan penyelenggaraan PON XX Papua tidak hanya mencari atlet berkualitas dari seluruh Tanah Air semata, tetapi juga sarana meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan upaya menanggulangi gangguan keamanan.

Namun, potensi para atlet asal Papua itu tertutup masalah gangguan keamanan yang ditimbulkan Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB).

Untuk itu, pemerintah berupaya menggali potensi 'Mutiara Hitam' melalui penyelenggaraan PON.

Selain itu, Aziz mengatakan, pemerintah juga berupaya menciptakan Sport Tourism di Papua. Sebab, menurut Aziz, Papua merupakan kota terindah yang dilengkapi pemandangan indah pula.

Nantinya, Aziz menjelaskan, melalui Sport Tourism tersebut diharapkan dapat meningkatkan kondisi sosial ekonomi masyarakat Papua.

"Saling mendukung. Bisa mengembangkan olahraga dan pariwisata. Sport Tourism yang sedang kita kembangkan. Bagaimana tidak hanya olahraga saja, tetapi pariwisata," ujarnya.

Aziz menambahkan, bahwa pemerintah pusat telah menjamin penyelenggaraan PON XX di Papua akan berlangsung aman.

"Saya sudah 12 hari di sini. Bulan lalu 1,5 bulan. Alhamdulillah tak ada masalah, semua kondusif," katanya.

Sementara itu, Anggota Pandawa Nusantara Hendi S. Chaniago mengaku, sangat mengapresisasi penyelenggaraan PON XX Papua.

Sebab, menurut Hendi, mata seluruh masyarakat Indonesia dan bahkan dunia internasional akan melihat bagaimana potensi di tanah Papua.

"Suksesnya PON, dampak ekonomi akan hadir. Dari sisi ekonomi sekaligus ajang promosi baik kepada seluruh masyarakat tanah air dan internasional. Papua tanah indah, bukan hanya Raja Ampat, tetapi seluruh tanah Papua eksotis," ungkapnya.

Hendi pun berharap, tingkat ekonomi masyarakat di Papua akan meningkat setelah penyelenggaraan PON XX tersebut. "Memberi dampak luar biasa bagi pengembangan ekonomi," ujarnya.

Pewarta: Deni Muhtarudin
Editor: Syarif Hasan Salampessy
Sumber: RRI