RRI

  • Beranda
  • Berita
  • Angkat Berat PON, Riau Sementara Pimpin Perolehan Medali

Angkat Berat PON, Riau Sementara Pimpin Perolehan Medali

18 September 2024 10:19 WIB
Angkat Berat PON, Riau Sementara Pimpin Perolehan Medali
Lifter Riau Andre Satria (tengah) yang meraih emas di kelas 83 kilogram cabor Angkat Berat. (Foto Edwi/RRI)

KBRN, Banda Aceh : Tim Riau menambah dua medali emas dari dari kelas 74 kilogram dan 83 kilogram putra cabang olahraga angkat berat PON Aceh Sumut 2024, Selasa (17/09/2024).

Angkat berat yang dimainkan di GOR Seuramoe komplek stadion Harapan Bangsa Banda Aceh itu, tim Riau meraih dua emas melalui lifter  andalannya Andre Satria dan Hendri.

Andre Satria meraih emas setelah menorehkan total angkatan 915,5 kilogram untuk tiga angkatan squat, bench press dan angkatan deadlift. Medali perak dari nomer ini diraih Viki Aryanto dari Lampung dan perunggu Muhamad Yusuf dari Jawa Barat. 

Usai pengalungan medali, Andre Satria kepada RRI mengaku tidak menduga dapat meraih emas di kelas bergengsi tersebut.

“Ya, kami dapat medali emas itu kejutan. Apalagi pada Pra PON kami juga turun di kelas 74 kilogram. Jelas kejuran besar,” ujar Andre.

Lifter Riau Hendri (tengah) yang meraih emas di kelas 74 kg

Kelas 83 kg ini menurutnya juga banyak diikuti lifter tangguh khususnya dari Jawa Barat dan Lampung. Andrea Satria juga mengaku bangga dapat mempersembahkan emas bagi kontingen Riau.

“Jelas bangga dapat mempersembahkan medali emas bagi tim Riau. Apalagi medali emas juga merupakan yang kali kedua dalam kariernya setelah sebelumnya pada PON Papua 2021 juga sukses meraih medali emas,” kata dia.

Satu medali emas lagi yang juga menjadi milik tim Riau berasal dari kelas 74 kg melalui Hendri yang sukses mengangkat barbel dengan total angkatan 765 kilogram. Medali perak dari nomer ini diraih,  Viki Aryanto Lampung dan perunggu Muhamad Yusuf Jawa Barat. 

Pada hari pertama Senin (16/09//2024) Riau sudah mengoleksi 1 emas melalui Syaifahmi Riski yang meraih emas dari kelas 59 kg. Sehingga tim Riau dari cabang olahraga angkat berat ini sudah meraih 3 medali emas, disusul Lampung 2 emas dan Jawa Barat 2 emas dan Kaltim 1 emas. (Edwi)

Pewarta: EdwiPuryono
Editor: Nugroho
Sumber: RRI