TVRI

  • Beranda
  • Berita
  • Tiga Medali Emas Dalam Sehari, Riau Perlahan Masuk 10 Besar Klasemen PON XXI

Tiga Medali Emas Dalam Sehari, Riau Perlahan Masuk 10 Besar Klasemen PON XXI

18 September 2024 09:46 WIB
Tiga Medali Emas Dalam Sehari, Riau Perlahan Masuk 10 Besar Klasemen PON XXI

TVRINews, Pekanbaru

Kontingen Provinsi Riau terus menunjukkan performa mengesankan di Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI Aceh-Sumut. Riau berhasil menambah koleksi medali dengan meraih tiga medali emas, dua dari cabang olahraga angkat berat dan satu dari renang, yang mendorong posisi mereka memasuki 10 besar klasemen sementara, pada Selasa, 17 September 2024.

Medali emas dari angkat berat diraih oleh Hendri di kelas 74 kg dan Andre Satria di kelas 83 kg. Sementara itu, medali emas pertama dari cabang renang diperoleh oleh Anandia Triciel Vanessa yang tampil gemilang di nomor 100 meter gaya dada putri dengan catatan waktu 1:11.25 menit.

Ketua Umum KONI Riau, Iskandar Hoesin, menyampaikan keyakinannya bahwa Riau akan mampu mempertahankan posisinya di 10 besar klasemen PON XXI.

“Kami sangat bangga dengan pencapaian atlet angkat berat Riau yang berhasil mencapai target tiga medali emas. Kami optimis dapat terus mempertahankan posisi 10 besar,” ujar Iskandar usai menyerahkan bonus kepada atlet peraih medali di venue angkat berat Stadion Harapan Bangsa, Banda Aceh.

Iskandar juga mengungkapkan bahwa target awal KONI Riau adalah meraih 25 medali emas. Meskipun beberapa cabang olahraga andalan gagal memenuhi target, seperti senam dan anggar, cabang olahraga yang melebihi target, seperti angkat berat, diharapkan dapat menutupi kekurangan tersebut.

“Insha Allah, target 25 medali emas masih bisa tercapai. Atlet kita terus berjuang, dan kami berharap cabang olahraga yang masih bertanding dapat menyumbangkan medali emas tambahan,” tambahnya.

Beberapa cabang olahraga yang masih menyisakan pertandingan dan sudah memasuki final antara lain tinju, angkat berat, menembak, kempo, selam, ski air, renang, dan dayung. Jika masing-masing cabang ini berhasil meraih satu medali emas, maka target Riau mencapai 25 medali emas bahkan dapat terlampaui.

Wakil Ketua II KONI Riau, Sanusi Anwar, menambahkan bahwa peluang untuk menambah medali emas masih terbuka lebar.

“Kami berharap angkat berat bisa menambah satu atau dua medali emas lagi. Atlet tinju putra Ma’sum dan menembak, serta renang yang diwakili Vanessa, diperkirakan juga akan menyumbangkan medali emas,” jelas Sanusi.

“Dengan tambahan medali dari cabang-cabang ini, kami yakin bisa menembus posisi 10 besar dan menggeser provinsi lain seperti Lampung, Kaltim, dan DIY.”

Semua mata kini tertuju pada atlet Riau yang masih berjuang di final untuk menambah perolehan medali dan mewujudkan harapan untuk mencapai target yang telah ditetapkan.

Baca Juga: Gemilang, Pebiliar Riau T. Muhammad Farhan Kalahkan Pebiliar 10 Besar Nasional


Sumber: TVRI