RRI

Produk Lokal Dijual Dengan Logo PON Papua

3 Oktober 2021 07:25 WIB
Produk Lokal Dijual Dengan Logo PON Papua

KBRN, Merauke: Berbagai produk lokal asli Merauke seperti minyak kayu putih dan madu dengan di labeli logo PON XX, dijual mama-mama Asli Papua di Pasar Sota, Distrik Sota, Kabupaten Merauke, Papua.  

Salah satu penjual Rosalina Dimar atau yang akrab dipanggil mama Ros menjelaskan, menjelang PON pihak Koramil, Polsek, dan Distrik Sota terus mensosialisasikan akan ada perhelatan PON di kabupaten Merauke.

Menurutnya, semua pemilik kios diminta untuk menyiapkan lebih banyak suvenir khas Merauke untuk tamu yang datang.

"Disini sudah kas tau ada PON, nanti mama dorang persiapan barang jualan, yang kasih tahu dari bapa koramil, bapa polsek, dan ibu Distrik," ujar mama Ros, Sabtu (2/10/2021).

Mama Ros menjelaskan, semua botol untuk menjual madu dan minyak kayu putih yang sudah ada logo PON XX Papua, dibagikan secara gratis dari dinas Perindagkop kepada semua penjual di kawasan PLBN Sota.

"Mama siap jualan saja, noken, madu, sarang semut, minyak kayu putih. Kalau ada makanan kebun bisa taruh disini, macam pepaya, nenas, kumbili (ubi)," terang Rosalina Dimar.

Rosalina Dimar mengatakan, selama ini barang yang lebih cepat terjual adalah sembako yang dibeli oleh warga PNG, sedangkan untuk berbagai produk lokal cukup jarang.

Untuk itu mama Ros berharap dengan adanya PON di Merauke tamu yang datang ke PLBN Sota akan lebih banyak untuk membeli berbagai produk lokal produksi warga Sota.

Pewarta: Violetta
Editor: Tegar Haniv Alviandita
Sumber: RRI