ANTARA

  • Beranda
  • Berita
  • Polda Sumut rekayasa lalu lintas di Stadion Utama saat upacara penutupan

Polda Sumut rekayasa lalu lintas di Stadion Utama saat upacara penutupan

18 September 2024 16:07 WIB
Polda Sumut rekayasa lalu lintas di Stadion Utama saat upacara penutupan
Kepala Bidang Humas Polda Sumatera Utara Kombes Pol Hadi Wahyudi. (ANTARA/M. Sahbainy Nasution)
Medan (ANTARA) - Kepolisian Daerah Sumatera Utara melakukan rekayasa lalu lintas di kawasan Stadion Utama Sport Center Sumut, Kabupaten Deli Serdang, saat penutupan Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI Aceh-Sumut 2024, Jumat (20/9).

"Acara penutupan akan dimulai dari pukul 15.00 WIB, penyekatan dan pengalihan lalu lintas dimulai dari pukul 13.00 WIB," kata Kepala Bidang Humas Polda Sumut Komisaris Besar Polisi Hadi Wahyudi di Medan, Rabu.

Hadi menjelaskan penutupan jalan dilakukan di Simpang Jati Kembar, Simpang Batang Kuis, Simpang Aras Kabu, dan Simpang Penara.

Pada titik lokasi penyekatan dilakukan selektif prioritas, yakni kendaraan roda empat atau lebih yang diizinkan masuk hanya kendaraan memiliki stiker yang telah divalidasi panitia. Sedangkan untuk roda dua disediakan tempat parkir yang telah ditentukan.

Baca juga: 1.123 personel gabungan diturunkan jaga penutupan PON

Untuk kendaraan roda empat atau lebih, kata Hadi, dari Kota Medan atau Lubuk Pakam menuju Bandar Udara Internasional Kualanamu yang tidak menggunakan stiker khusus PON akan dialihkan melalui Batang Kuis atau Simpang Aras Kabu.

Sementara kendaraan roda empat atau lebih dari arah Bandara Kualanamu menuju Medan yang tidak menggunakan stiker akan dialihkan melalui Tol Kualanamu dan Simpang Penara.

"Perlu diketahui, di sepanjang jalan Sport Center Sumut dilarang parkir kendaraan, baik roda empat maupun roda dua," tambah Hadi.

Baca juga: Wakapolda: Tak ada alat berat di Stadion Utama saat penutupan PON

Ia menambahkan nantinya di area Sport Center Sumut tersedia tempat parkir VIP dan panitia dengan kapasitas 750 unit kendaraan, untuk parkir VIP Wings Hotel 200 unit, parkir VIP dan kontingen di kargo bandara 1.000 unit.

Kemudian parkir umum sepeda motor di Warkop Agam 300 unit, ayam penyet 500 unit, parkir rumah Hakim 500 unit, dan lapangan Gang Sawo 1.000 unit.

Sementara itu, parkir umum mobil di Binamuda dengan kapasitas 150 unit, Citraland 300 unit, dan SMAN 1 Negeri Tanjung Morawa 300 unit.

Selain itu, disediakan juga kantong untuk shuttle bus yang bergerak dari bandara, berhenti, kemudian balik lagi ke bandara. Shuttle bus bergerak dari Tanjung Morawa ke bandara dan arena, ke titik berhenti dan selanjutnya putar balik ke Tanjung Morawa.

Baca juga: PB PON: Antisipasi hujan saat penutupan PON lewat modifikasi cuaca
Baca juga: PB PON Sumut: Presiden Jokowi akan hadiri penutupan PON 2024
Baca juga: PB PON Sumut sediakan loket tiket gratis menonton penutupan PON

Pewarta: M. Sahbainy Nasution
Editor: Didik Kusbiantoro
Sumber: ANTARA