TVRI

  • Beranda
  • Berita
  • Ketua Panwasrah Wilayah Aceh Puji Keberhasilan PON XXI dalam Semangat Kolaborasi

Ketua Panwasrah Wilayah Aceh Puji Keberhasilan PON XXI dalam Semangat Kolaborasi

18 September 2024 20:22 WIB
Ketua Panwasrah Wilayah Aceh Puji Keberhasilan PON XXI dalam Semangat Kolaborasi

TVRINews, Banda Aceh

Ketua Panwasrah PON XXI Wilayah Aceh, Andrie Tardiwan Utama Soetarno, memberikan apresiasi mendalam kepada PB PON Aceh dan Kodam atas dukungan luar biasa mereka dalam penyelenggaraan PON XXI. 

Hal ini, ia ungkapkan dalam konferensi pers terkait capaian gemilang PON XXI dengan ‘Bersatu Kita Mewujudkan Juara Kebanggaan Bangsa’ di Media Center, Hotel Hermes Palace, Banda Aceh, Rabu, 18 September 2024 hari ini.

Pada kesempatan tersebut, Andrie bercerita soal kekhawatirannya mengenai kesiapan venue. Namun, kekhawatiran itu sirna saat melihat persiapan dan pelaksanaan yang berlangsung dengan sangat baik. 

Terlebih, penyelenggaraan ini bukan hanya sekadar acara, tetapi juga menunjukkan semangat kolaborasi dan dedikasi yang tinggi.

“Saya agak terkejut, semuanya lancar. Saya tiba tanggal 2 Agustus, dan pada tanggal 28 Agustus venue sudah siap, dan sudah ada pertandingan yang dimulai. Termasuk sistem transportasi yang sangat nyaman dan teratur, juga sangat berkesan bagi saya,” ujar Andrie.

Lebiu lanjut, Andrie mengungkapkan betapa mengesankannya proses kedatangan kontingen Jawa Barat. Dalam waktu hanya 17 menit, 42 orang anggota kontingen berhasil dilayani dengan efisien dan ini merupakan sebuah prestasi yang sangat luar biasa. 

Meskipun ada beberapa kendala kecil, terutama dalam hal konsumsi, masalah tersebut dapat diatasi dalam kurang dari 24 jam.

Tak hanya itu, beliau juga memberikan apresiasi tinggi terhadap adanya Expo PON yang menjadi terobosan baru dalam sejarah penyelenggaraan PON. Dimana, inisiatif ini bukan hanya menambah kemeriahan, tetapi juga memberikan platform bagi para atlet dan pengunjung untuk merayakan semangat olahraga secara lebih luas.

“Selain sukses dalam prestasi, sukses penyelenggaraan, PON kali ini juga sukses secara ekonomi, masyarakat pun dilibatkan,” tambah Andrie.

Kata Andrie, Antusiasme masyarakat Aceh terhadap PON XXI benar-benar mengesankan, mencerminkan semangat luar biasa mereka sebagai tuan rumah. 

Walaupun saat ini terdapat kendala menjelang akhir acara, terutama cuaca buruk yang sempat mengganggu beberapa pertandingan seperti terjun payung dan paralayang. Namun, lanjut Andrie berkat respons cepat tim penyelenggara, masalah tersebut berhasil diatasi, memastikan bahwa semua pertandingan dapat berlangsung kembali dengan normal. 

Ini menunjukkan ketahanan dan dedikasi Aceh dalam menyukseskan event akbar ini.

Pada kesempatan yang sama, Penjabat Gubernur Aceh, Safrizal menyampaikan apresiasi mendalam terhadap semangat kolaborasi yang mengalir dalam penyelenggaraan PON XXI. 

Selain itu, ia menekankan bahwa kesuksesan acara ini tidak mungkin terwujud tanpa dukungan dari berbagai pihak, termasuk Forkopimda, KONI, Kemenpora, organisasi, insan pers, serta peran aktif para mahasiswa dan masyarakat. 

Sinergi ini bukan hanya menciptakan momen bersejarah, tetapi juga memperkuat ikatan komunitas Aceh dalam merayakan olahraga.

“Saya konsentrasi penuh terhadap kesuksesan penyelenggaraan PON ini. Dari isu makro sampai mikro, begitu ada masukan langsung kita tindak lanjuti tanpa menunda,” ujar Safrizal.

Antusiasme masyarakat Aceh begitu luar biasa, terlihat dari kerumunan penonton yang memadati setiap venue cabang olahraga. Sehingga, Safrizal menekankan bahwa partisipasi masyarakat sangat tinggi, mengingat PON XXI adalah event nasional pertama yang digelar di daerah ini. 

Terlebih, momen bersejarah ini tidak hanya meriah, tetapi juga menegaskan rasa bangga dan keterlibatan masyarakat Aceh dalam dunia olahraga.

“Dukungan dan partisipasi masyarakat Aceh untuk menyukseskan PON XXI ini sangat luar biasa,” pungkasnya.


Sumber: TVRI