RRI

  • Beranda
  • Berita
  • Berlatih Lima Jam Sehari, Faisal Raih Emas Karate

Berlatih Lima Jam Sehari, Faisal Raih Emas Karate

18 September 2024 21:19 WIB
Berlatih Lima Jam Sehari, Faisal Raih Emas Karate
Faisal Halomoan Siahaan (kanan) (Foto: RRI/Joko Saputra)

KBRN, Deli Serdang: Latihan keras mengantarkan karateka putra Sumatra Utara, Faisal Halomoan Siahaan, merebut medali emas di PON 2024 Aceh-Sumut. Medali emas Faisal dipersembahkan di nomor kumite under 60 kilogram putra.

Pada final yang berlangsung di GOR Serbaguna Universitas Negeri Medan, Rabu (18/9/2024) siang, Faisal mampu mengalahkan Reynal Martahan Naibaho asal Jawa Barat. Pertarungan selesai dengan skor tipis 5-4. 

Kemenangan ini membuat Faisal terharu, lantaran perjuangannya berlatih keras di daerah tidak sia-sia. Pengorbanan latihan lima jam sehari, terbayar lunas di PON kali ini. Ia pun merayakan dengan memanjatkan doa usai pertandingan. 

"Kunci keberhasilan untuk hari ini, latihan selama hampir tiga tahun. Kami latihan dua kali sehari, bahkan di sesi terakhir sampai tiga kali," kata peraih perunggu SEA Games 2023 ini.

Faisal juga mengucapkan terima kasih kepada pelatih, orang tua, dan masyarakat Sumut yang terus mensupport sepanjang laga. "Mungkin ini berkat Tuhan untuk tim Forki Sumut mempersembahkan medali emas dari nomor 60 putra," katanya. 

Menurutnya, sang lawan sudah dianggap sebagai keluarga sendiri. Wajar Faisal dan Reynal sama-sama berasal dari perguruan KKI. Maka, dirinya mengaku sempat sedikit tegang di menit awal. 

"Dia sebenarnya sama satu perguruan dan dojo waktu kecil, tapi sekarang beda provinsi. Kami satu kampung juga di Balige (Sumut),” katanya.

“Kalau karakter dia sudah pasti tahu, karena kami bareng latihan selama ini sama. Apalagi, kami satu pelatih juga jadi sama tipenya," ujarnya.

Pewarta: Joko Saputra
Editor: Ari Dwi P
Sumber: RRI