TVRI

  • Beranda
  • Berita
  • Mengejutkan! Ski Air Riau Raih Medali Emas, Angkat Berat Tambah 3 Perak PON XXI

Mengejutkan! Ski Air Riau Raih Medali Emas, Angkat Berat Tambah 3 Perak PON XXI

18 September 2024 22:11 WIB
Mengejutkan! Ski Air Riau Raih Medali Emas, Angkat Berat Tambah 3 Perak PON XXI

TVRINews, Pekanbaru

Dua hari menjelang berakhirnya Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI/2024 Aceh-Sumut, Kontingen Riau masih terus menambah pundi-pundi medali emas bagi Riau. 

Cabang olahraga (cabor) ski air, secara mengejutkan berhasil meraih 1 medali emas dari nomor result tim wakboard putra dan putri, dengan total nilai 225. 

Total nilai 225, nomor result tim wakboard putra dan putri, diraih oleh atlet putra M Rafli nilai 80 dan Suprianto nilai 55. Sedangkan atlet putri atas nama Wiranti Astuti nilai 35 dan Adiva Zahira meraih nilai 55. Selain medali emas Riau juga berhasil meraih medali perak perorang atas nama M Rafli dengan nilai 37,89.

Manajer tim Ski Air Riau, Gumpita, menyatakan rasa sukur dan harunya terhadap hasil perjuangan tim ski air yang berhasil meraih medali emas. Walaupun ski air tidak ditargetkan meraih medali emas pada PON XXI ini, namun tim nya tetap tampil maksimal untuk memberikan yang terbaik bagi Riau. 

“Alhamdulillah tim ski air Riau berhasil meraih medali emas, kita mendominasi nilai tertinggi dari tim DKI dan Kepulauan Riau. Dan yang kedua atlet kita M Rafli juga meraih medali perak, kita kalah dari atlet Kepri. Tentunya hasil ini sangat membanggakan kita semua, baik bagi tim ski air Riau, bagi KONI Riau dan bagi Pemprov Riau,” ujar Gumpita.

“Memang dari awal kita tidak ditargetkan medali, tapi kita bersukur tidak menjadi beban. Sebetulnya dari program awal ketika PON di Riau lalu, dan mulai muncul di PON Jabar dan sekarang lah membuktikannya, di Jabar kita perunggu. Dengan tidak dibebankan inilah kita berhasil berprestasi,” tambah Gumpita.

Gumpita menjelaskan, peluang ski air untuk meraih medali emas masih terbuka. Dari nomor putra putri perorangan dan nomor tim, tiga nomor ini juga menajdi andalan Riau untuk bisa meraih medali. 

“Mohon doa masyarakat Riau, mudah-mudahan atlet kita prima, baik fisik dan psikologis. Lawan yang dihadapi Riau cukup berat, tapi kita akan memberikan yang terbaik bagi Riau. Sebagai manajer sangat luar bisa tim kita, kerja keras kita pelatih melatih atlet kita dangan membawa langsung alat kita di danau Toba ini, dan menjadi tempat latian. TC penuh di Danau Toba, kami berterimakasih kepada Pemprov koni Riau penghargaan bagi 
seluruh pengurus Persatuan Ski Air dan Wakeboard Indonesia (PSAWI) Riau,” kata Gumpita.

Sementara itu untuk cabor lainnya, angkat berat juga kembali berhasil menyumbangkan 3 medali perak bagi kontingen Riau. Penampilan 3 lifter Riau dihari ketiga pertandingan cabor angkat berat cukup menegangkan. Dua lifter Putri Riau, Sri Rahayu di kelas 84 Kg, berusaha meraih medali namun gagal dan harus puas meraih medali perak. Sedangkan Murni Natalia, kelas 76 yang tidak diunggulkan berhasil meraih medali perak. 

Sedangkan untuk lifter putra Riau, Willi Sandria, kelas 105 Kgyang ditargetkan medali emas, harus mengakui ketangguhan atlet Jawa Barat yang mempu mengalahkannya dengan angkatan total 900 Kg. Willi hanya mampu mengangkat total 865 Kg.

Tambahan 1 medali emas 4 perak dan 1 perunggu bagi kontingen Riau, semakin memperkokoh Riau berada di peringkat 10 klasemen sementara PON XXI Aceh-Sumut, dengan torehan 19 emas 20 perak dan 29 perunggu. Sedangkan untuk posisi puncak klasemen masih di duduki Jawa Barat dengan torehan 148 emas, 131 perak dan 130 perunggu.


Sumber: TVRI