TVRI

  • Beranda
  • Berita
  • Kalahkan Jawa Barat dengan Skor 1-0, Jawa Timur Raih Medali Emas Cabor Sepak Bola PON XXI Aceh-Sumut 2024

Kalahkan Jawa Barat dengan Skor 1-0, Jawa Timur Raih Medali Emas Cabor Sepak Bola PON XXI Aceh-Sumut 2024

19 September 2024 13:21 WIB
Kalahkan Jawa Barat dengan Skor 1-0, Jawa Timur Raih Medali Emas Cabor Sepak Bola PON XXI Aceh-Sumut 2024

TVRINews, Banda Aceh

Jawa Timur memenangkan medali emas cabang olahraga (Cabor) sepak bola Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI Aceh-Sumut 2024, setelah mengalahkan Jawa Barat dengan skor 1-0. Laga final itu berlangsung di Stadion Harapan Bangsa, Banda Aceh, Rabu, 18 September 2024, malam hari.

Gol kemenangan Jawa Timur dicetak oleh Rano Jutati Karenano melalui eksekusi penalti pada menit ke-72. Penalti diberikan setelah kiper Jawa Barat dianggap melanggar pemain Jawa Timur di kotak terlarang.

Pertandingan final ini berjalan ketat sejak peluit awal dibunyikan, dengan kedua tim saling menyerang. Namun, agresivitas skuad Jawa Timur yang diasuh Fakhri Husaini lebih sering membahayakan gawang lawan lewat serangan balik cepat. 

Jawa Barat mengalami pukulan telak pada menit ke-64 ketika Abdan Hanif diusir wasit setelah menerima kartu merah kedua. Bermain dengan 10 pemain membuat tim asuhan Muhammad Yoga semakin kesulitan mengimbangi permainan lawan. Meski begitu, menjelang laga berakhir, wasit juga mengeluarkan kartu merah kepada pemain kunci Jawa Timur, Wifi Pratama, pada menit ke-90+4.

Dengan kemenangan ini, Jawa Timur berhak atas medali emas dan mengakhiri penantian selama 16 tahun untuk gelar juara sepak bola di ajang PON. Terakhir kali, Jawa Timur meraih emas pada PON 2008 yang diselenggarakan di Kalimantan Timur.

Sementara itu, Jawa Barat harus puas membawa pulang medali perak. Di sisi lain, tuan rumah Aceh berhasil mengamankan medali perunggu setelah mengalahkan Kalimantan Selatan dengan skor 2-1 pada laga perebutan tempat ketiga.

Baca Juga: Erick Thohir Tegaskan Pengambilan Sumpah WNI Mees Hilgers dan Eliano Reijnders Tidak Salahi Aturan


Sumber: TVRI