RRI

Pj Gubernur Aceh: PON XXI Hiburan untuk Warga

19 September 2024 14:55 WIB
Pj Gubernur Aceh: PON XXI Hiburan untuk Warga
Penonton menyaksikan lomba pacuan kuda PON XXI Aceh-Sumut 2024 di Arena Pacuan Kuda Belang Bebangka, Kabupaten Aceh Tengah, Aceh, Kamis (12/9/2024) (Foto: Antara/Arnas Padda/aww)

KBRN, Aceh: Penjabat (Pj) Gubernur Aceh, Safrizal Z.A., mengatakan Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI Aceh-Sumatra Utara menjadi hiburan untuk  masyarakat. Hal ini disampaikannya pada perbincangan dengan RRI Pro 3, Rabu (18/9/2024) sore.

"Bagi masyarakat Aceh, PON ini suatu gelaran luar biasa sebagai hiburan yang sangat dinantikan," katanya. Menurut Safrizal, mereka sangat antusias menyaksikan berbagai cabang olahraga (cabor) yang dipertandingkan selama PON berlangsung. 

"Misalnya cabor pacuan kuda di mana penontonnya mencapai ratusan ribu dari yang biasanya hanya lima ribuan," ucapnya. Ini bisa dimaklumi karena baru kali ini PON diadakan di wilayah ujung barat Indonesia tersebut.

Meski sempat diwarnai insiden di beberapa venue pertandingan, Safrizal mengatakan hal tersebut dapat segera diatasi. Sehingga pertandingan di sejumlah cabor tetap berjalan sesuai rencana.

Sebut saja ambrolnya talang air di arena olahraga menembak, Selasa (17/9/2024). Kemudian pecahnya kaca jendela venue bola basket saat berlangsung pertandingan 3x3, Rabu (18/9/2024). 

Semuanya terjadi karena gangguan cuaca seperti hujan badai dan angin kencang yang melanda Aceh beberapa hari terakhir. Meski begitu, Safrizal mengakui pembangunan venue menembak memang belum sepenuhnya rampung.

"Sehingga, ketika terjadi hujan dan badai, talang airnya tidak mampu menahan sehingga ambrol," ucapnya. Namun, lanjut Safrizal, pihaknya langsung melakukan perbaikan dan arena tersebut bisa digunakan kembali.

Pewarta: Ellyani Ratnaningsih
Editor: Syahrizal Budi Putranto
Sumber: RRI