RRI

Pelaku UMKM Aceh Antusias dengan Expo PON 2024

19 September 2024 19:45 WIB
Pelaku UMKM Aceh Antusias dengan Expo PON 2024
Vira pemilik Serabi Aceh yang Ikut meramaikan Expo PON 2024 di Lapangan Baang Padang, Banda Aceh (Foto: RRI/Aulia)

KBRN, Aceh: Gelaran Expo PON 21 di Banda Aceh selama lebih dari sepekan dari 10-18 September 2024 mendapat antusias tinggi. Sekitar 240 UMKM di Banda Aceh turut berpartisipasi dalam event tersebut.

Bertempat di Lapangan Blang Padang, Banda Aceh, expo ini menjual beragam produk lokal, kerajinan tangan, serta aneka makanan. Expo ini juga untuk mendorong promosi dan pengembangan UMKM di daerah tersebut. 

Salah satu yang mengisi stand expo ini adalah Vira. Ia menjual Serabi Aceh yang cukup banyak digemari.

"Kalau di sini saya jual serabi, tapi dari Pidi, kami menyebutnya Apam Pidi. Campurannya kuah santan jadi ada gurih manisnya," kata Vira.

Vira menyebut, adanya expo ini sangat membantu para pelaku UMKM untuk ikut juga merasakan dampak PON. Ia berharap ke depannya akan lebih banyak event nasional yang digelar di Aceh.

Sebelumnya hujan dan angin kencang yang melanda sejumlah wilayah di Aceh Besar, mengakibat sejumlah pohon tumbang di Banda Aceh. Belasan stand di acara EXPO UMKM PON di Blang Padang kota Banda Aceh sempat ikut roboh.

Namun panitia dengan cepat memperbaiki stand tersebut sehingga masyarakat bisa kembali berkunjung ke Expon PON. Expo UMKM ini sangat penting untuk meningkatkan keterampilan, promosi, dan pemasaran produk-produk UMKM daerah. 

Pewarta: Muhammad Aulia Rahman
Editor: Seprianto
Sumber: RRI