TVRI

  • Beranda
  • Berita
  • Pedagang di PON XXI Aceh Alami Tantangan Berjualan, Biaya Sewa Stand Tinggi Capai 7 Juta

Pedagang di PON XXI Aceh Alami Tantangan Berjualan, Biaya Sewa Stand Tinggi Capai 7 Juta

19 September 2024 23:38 WIB
Pedagang di PON XXI Aceh Alami Tantangan Berjualan, Biaya Sewa Stand Tinggi Capai 7 Juta

TVRINews, Banda Aceh

Kegiatan Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI 2024 yang berlangsung di Aceh memberikan harapan bagi banyak pedagang. Akan tetapi hal itu tidak dirasakan oleh Ibu Ayu, seorang pedagang di sekitar Stadion Harapan Bangsa. 

Selama PON, Ibu Ayu berharap bisa meningkatkan pendapatan dengan banyaknya pengunjung. Namun, ia merasa biaya sewa stand yang tinggi menghalangi peluangnya untuk berjualan. Hal itu dikarenakan biaya sewa stand tinggi, mencapai 7 juta.

“Meskipun acara ini ramai, pendapatan kami tetap pas-pasan untuk kebutuhan sehari-hari. Biaya sewa yang tinggi membuat kami kesulitan. Kalau untuk lapak ya di luar, mahal. Nggak ada duit untuk bayarnya,” katanya kepada tvrinews.com di Stadion Harapan Bangsa, Banda Aceh, Kamis, 19 September 2024.

Kemudian, Ibu Ayu menyebutkan bahwa dengan biaya sewa yang tinggi, lebih baik menyewa rumah di kampung daripada mengeluarkan uang untuk stand.

"Sewa di kampung aja sebulan sekali sewa rumah. Kalau ada duit 7 juta mending sewa rumah per tahun," ujarnya.

Maka demikian, Ibu Ayu berharap pemerintah memberikan tempat dan dukungan bagi pedagang kecil agar mereka dapat berjualan tanpa tekanan.

"Harapan saya, ya kami pedagang kecil-kecil boleh jualan ya," ucapnya.


Sumber: TVRI