ANTARA

  • Beranda
  • Berita
  • Perkemi: Perolehan medali emas kempo PON XXI Aceh-Sumut merata

Perkemi: Perolehan medali emas kempo PON XXI Aceh-Sumut merata

20 September 2024 01:10 WIB
Perkemi: Perolehan medali emas kempo PON XXI Aceh-Sumut merata
Atlet shorinji kempo NTB Rini Kurniati (kiri) meninju atlet Riau Nor Lolita (kanan) pada final randori putri kelas 55-60 kg PON XXI Aceh-Sumut 2024 di GOR Koni Aceh, Banda Aceh, Aceh, Kamis (19/9/2024). (ANTARA FOTO/Adeng Bustomi/pras)
Banda Aceh (ANTARA) - Sebaran perolehan medali untuk cabang olahraga Shorinji Kempo pada Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI Aceh-Sumatera Utara 2024 lebih merata, sementara didominasi Nusa Tenggara Timur (NTT) dan Jawa Barat.

"Dari 17 (nomor pertandingan yang sudah final), ternyata terbagi rata, banyak provinsi yang mendapatkan," kata Ketua Umum Persaudaraan Shorinji Kempo Indonesia(Perkemi), Laksdya TNI (Purn) Dr Agus Setiadji, di Banda Aceh, Kamis malam.

Pelaksanaan Shorinji Kempo PON XXI Aceh-Sumut memperebutkan sebanyak 22 nomor pertandingan baik kategori seni maupun tarung, dan berlangsung sejak 17-20 September 2024, di GOR KONI Aceh, Kota Banda Aceh.

Agus mengatakan, 22 nomor pertandingan yang dilombakan tersebut diikuti sebanyak 25 provinsi. Sejauh ini, kepanitiaan maupun dewan juri sudah menyelesaikan 17 partai final, tersisa lima nomor yang dilaksanakan besok.

Dirinya menyampaikan, medali emas pada Shorinji Kempo PON Aceh-Sumut ini lebih merata, berbeda saat di Papua 2021 lalu, di mana terjadi ketimpangan untuk satu provinsi saja.

Untuk PON XXI ini, lanjut dia, hampir semua daerah mampu meraih prestasi, seperti Aceh sudah mendapatkan dua emas, kemudian NTT, Jawa Barat, Kalimantan Timur, DI Yogyakarta dan lainnya.

"Medali lebih merata, seperti Jawa Barat, kemudian NTT, Kalimantan Timur. Tidak seperti pada PON ke-20 Papua, terjadi ketimpangan di mana ada satu provinsi yang tinggi sekali sementara provinsi lain tidak," ujarnya.

Hasil ini, kata Agus, telah menunjukkan bahwa kualitas pertandingan dan kekuatan di Shorinji Kempo sudah merata dari Sabang sampai Merauke.

Dirinya menambahkan, untuk tiga besar terbanyak medali sementara dari 17 nomor pertandingan tersebut yakni NTT, Jawa Barat, dan Kalimantan Timur, tetapi belum dapat dirincikan karena masih ada lima nomor lagi.

"Kekuatan NTT memang lebih banyak di PON ini, ada 23 kenshi yang mereka bawa. Dan besok masih ada beberapa pertandingan lagi," demikian Dr Agus Setiadji.
Baca juga: Sensei Shoji Arai dari Jepang puji pelaksanaan kempo PON Aceh-Sumut
Baca juga: PB Perkemi buka Festival Shorinji Kempo Kids 2024
Baca juga: Sabet empat emas, Indonesia pastikan juara kedua kempo dunia

Pewarta: Rahmat Fajri
Editor: Guido Merung
Sumber: ANTARA