RRI

Jawa Tengah Mendominasi Bulu Tangkis PON 2024

20 September 2024 08:18 WIB
Jawa Tengah Mendominasi Bulu Tangkis PON 2024
Peraih medali ganda putri bulutangkis PON 2024di GOR PBSI Sumut, Deli Serdang Sumatra Utara Kamis (19/9/2024). Emas ganda putri diraih pasangan Jawa Tengah (Foto: RRI/Asniar Litiloly)

KBRN, Deli Serdang: Jawa Tengah (Jateng) berhasil menjadi juara umum cabang olahraga (cabor) bulu tangkis PON 2024 Aceh-Sumut dengan lima medali emas. Dua medali emas datang dari beregu putra dan putri, sedangkan tiga emas lainnnya dari nomor individual, Kamis (19/9/2024).

Pada hari terakhir pelaksanaan cabor bulu tangkis PON 2024 nomor individual, emas Jateng datang dari nomor tunggal putra, tunggal putri, dan ganda putri. Bahkan dua medali emas Jateng sudah dipastikan sejak semifinal berakhir karena ada dua nomor mempertemukan wakil Jateng.

Pada nomor individual tunggal putra, Richie Duta Ricardo mengalahkan rekan setimnnya, Muhammad Zaki Ubaidillah. Richie menang melalui rubber game dengan skor akhir 21-10, 18-21, dan 14-21, sehingga rekannya Ubai memperoleh medali perak.

Sementara itu medali perunggu diberikan kepada dua semifinalis. Di antaranya wakil Jawa Barat (Jabar), Muhammad Fachri Akbar Romadhon, dan Jawa Timur (Jatim) Muhammad Rizky Akbar.

Dari nomor tunggal putri, Sausan Dwi Ramadhani berhasil membawa Jateng ke posisi pertama. Sausan mengalahkan seniornya, Aurelia Salsabila (Jatim) dengan dua game langsung 21-17 dan 21-18.

Ini merupakan emas kedua Sausan, setelah sebelumnya juga membawa Jateng juara beregu putri. Sedangkan medali perunggu bersama diraih, Azzahra Melani Arjisetya (Jatim) dan Aura Ihza Aulia (Jateng).

Emas ketiga Jateng dari nomor individual ganda putri, atas nama Ardita Anjani berpasangan dengan Titis Maulida Rahma. Anjani/Titis mengalahkan kompatriot mereka, Bernadine Anindya Wardana yang berpasangan dengan Velisha Christina.

Medali perunggu untuk ganda putri diperoleh wakil Jakarta dan Aceh. Yaitu, Nabila Cahya Permata Ayu/Reva Olivia Damayani (Jakarta), dan Mutia Dita Ainul Baroroh/Rista Berlian Maharani.

Dua medali emas individual lainnya menjadi  milik wakil Jawa Barat (Jabar). Di antaranya nomor ganda putra dan ganda campuran.

Dari ganda putra, Galuh Dwi Putra/Muhammad Gibran Arfiansyah berhasil meraih emas usai menundukkan wakil Jatim, Gilang Krisnandi/Kleopas Binar. Galuh/Gibran menang dengan dua set langsung, 19-21 dan 13-21.

Medali perunggu ganda putra diperoleh, Muhammad Yovandika/Muhammad Fadel Jawa Timur. Serta Hendrawan yang berpasangan dengan Muhammad Al Fauzan dari Jawa Barat.

Emas kedua Jabar dari  ganda campuran, atas nama Muhammad Rafi Alayman Jafar/Farica Abela. Rafi/Farica meraih emas usai menundukkan wakil Jateng, Michael Owen/Bernandine Anindya Wardana 21-16, 23-25, dan 11-21.

Sedangkan peraih perunggu ganda campuran diperoleh wakil Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) dan Jawa Tengah. Atas nama, Aufa Isnanta/Sabrina Ajeng Takira (DIY) dan Muhammad Voyage Afrisal Mahendra/Velisha Christina.

Pewarta: Asniar Litiloly
Editor: Ari Dwi P
Sumber: RRI