ANTARA

  • Beranda
  • Berita
  • Bali raup 36 medali emas jelang penutupan PON XXI

Bali raup 36 medali emas jelang penutupan PON XXI

20 September 2024 11:24 WIB
Bali raup 36 medali emas jelang penutupan PON XXI
Atlet dari Bali untuk cabang olahraga tarung derajat memborong tiga medali emas pada final di Gedung Balee Meuseraya Aceh, Kamis (19/9/2024) ANTARA/HO-KONI Bali
Denpasar (ANTARA) - Kontingen Bali meraup 36 medali emas untuk perolehan sementara hingga Kamis (19/9) pukul 24.00 WIB menjelang penutupan Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI Aceh-Sumatera Utara.

“Medali emas terbaru disumbangkan cabang olahraga tarung derajat dan kempo,” kata Wakil Kontingen Bali Anak Agung Bagus Tri Candra Arka dihubungi di Denpasar, Bali, Jumat.

Pada pertandingan Kamis (19/9) ada lima perolehan medali emas di antaranya disumbangkan oleh atlet tarung derajat I Gusti Ngurah Bagus Merta Wijaya pada nomor pertandingan 64 kilogram putra dengan menundukkan lawannya dari Nusa Tenggara Barat (NTB) Munawir.

Emas kedua dari cabang olahraga tarung derajat yakni Andre Surya pada nomor 75 kilogram putra setelah menumbangkan lawannya dari Jawa Barat Yunus Isa.

Kemudian emas ketiga dari tarung derajat diperoleh dari atlet I Made Reva Lingga Wibawa pada nomor 52,1-55 kilogram putra melawan Jefri Andrianus dari Kalimantan Timur.

Sedangkan dari cabang olahraga shorinji kempo medali emas dipersembahkan oleh saudara kembar, Erasmus Naris Fendi dan Yeristus Varis Mardi pada nomor embu berpasangan yudansha 1 DAN putra dan nomor randori perorangan putri 50 kilogram oleh Made Bella Jenetti.

Baca juga: Tarung derajat - Bali borong tiga medali emas dari tarung bebas putra

Selain medali emas, Bali juga memperoleh tiga medali perak dan tujuh medali perunggu.

Dengan capaian itu, perolehan medali sementara kontingen Provinsi Bali total medali emas mencapai 36 medali emas, 37 perak dan 60 perunggu dan untuk sementara bertengger di posisi tujuh.

Capaian sementara medali emas itu melampaui perolehan pada PON XX di Papua yang saat itu menyabet 28 medali emas yang bertengger di peringkat kelima dari 34 provinsi di Indonesia.

Namun, capaian sementara medali emas itu masih jauh dari target yakni sebanyak 45 medali emas pada PON XXI.

Provinsi Bali memberangkatkan sebanyak 549 atlet dari 49 cabang olahraga atau lebih banyak dibandingkan pada PON XX Papua sebanyak 235 orang atlet.

Pada PON XXI, Bali menargetkan 45 medali emas dari 37 provinsi termasuk kontingen dari Ibu Kota Nusantara (IKN).

Ada pun upacara penutupan PON XXI dijadwalkan dilaksanakan di Sport Center Sumatera Utara pada Jumat ini.

Baca juga: Menpora sebut acara penutupan PON 2024 adalah momentum untuk guyub

Baca juga: Panwasrah: Menko PMK dijadwalkan tutup PON XXI Aceh-Sumut


Pewarta: Dewa Ketut Sudiarta Wiguna
Editor: Irwan Suhirwandi
Sumber: ANTARA