ANTARA

  • Beranda
  • Berita
  • Bulu tangkis Aceh raih medali di PON XXI, akhiri penantian 20 tahun

Bulu tangkis Aceh raih medali di PON XXI, akhiri penantian 20 tahun

20 September 2024 14:12 WIB
Bulu tangkis Aceh raih medali di PON XXI, akhiri penantian 20 tahun
Atlet bulu tangkis Aceh Mutia Dita Ainul Baroroh dan Rista Berlian Maharani (kanan) saat menerima medali perunggu pada sektor ganda putri PON XXI Aceh-Sumut di Gedung PBSI Disporasu, Deli Serdang, Sumatera Utara. (ANTARA/HO-PBSI Aceh)
Banda Aceh (ANTARA) - Cabang olahraga bulu tangkis Aceh berhasil mengakhiri penantian 20 tahun untuk naik ke podium ajang Pekan Olahraga Nasional (PON), setelah meraih medali perunggu pada PON XXI Aceh-Sumatera Utara.

Prestasi dinilai sangat berharga bagi daerah Tanah Rencong itu, mengingat terakhir kali Aceh meraih medali pada cabang olahraga tersebut dalam ajang PON XVI Palembang 2004.

“Perjuangan tim bulu tangkis kontingen Aceh dalam PON XXI sudah selesai. Kita menyumbangkan satu perunggu, setelah mengalahkan unggulan dari Jawa Timur," katanya Pelatih bulu tangkis Aceh Fadhlul Hadi saat dihubungi dari Banda Aceh, Jumat.

Medali perunggu ini dibukukan tuan rumah Aceh melalui pasangan ganda putri Mutia Dita Ainul Baroroh dan Rista Berlian Maharani.

Baca juga: Asa Aceh lahirkan pebulu tangkis hebat setelah PON 2024

Menurut Fadhlul, dalam pertandingan bulu tangkis ini, Aceh menjadi satu-satunya daerah di luar Pulau Jawa yang naik ke atas podium ajang olahraga empat tahunan kali ini.

"Semoga prestasi yang telah dicapai hari ini bisa menjadi batu loncatan untuk ke depan agar bulu tangkis di Aceh jauh lebih baik," ujarnya.

Kata dia, khususnya cabang olahraga bulu tangkis, Aceh sudah lama tidak meraih medali di ajang PON setelah sebelum di tahun 2004.

"Penantian 20 tahun terulang kembali untuk PBSI Aceh, setelah sekian lama tidak mempersembahkan medali di ajang PON," ujarnya.

Ia menambahkan dalam proses persiapan menghadapi PON 2024, semua atlet dan tim mendapatkan dukungan penuh dan motivasi dari Ketua Umum Pengprov PBSI Aceh, Safaruddin.

"Targetnya kita memang harus meraih medali apa pun warnanya. Alhamdulillah berkat kerja semuanya kita mampu meraih prestasi ini. Terima kasih atas dukungan dan doa seluruh masyarakat Aceh," ujarnya.

Baca juga: Klasemen akhir medali bulu tangkis PON 2024: Jateng juara umum

Pewarta: Khalis Surry
Editor: Irwan Suhirwandi
Sumber: ANTARA