RRI

  • Beranda
  • Berita
  • Kominfo: Pemberitaan PON Media Online Bersentimen Positif

Kominfo: Pemberitaan PON Media Online Bersentimen Positif

20 September 2024 14:57 WIB
Kominfo: Pemberitaan PON Media Online Bersentimen Positif
Dirjen IKP Kementerian Komunikasi dan Informatika Prabu Revolusi memberi keterangan pers terkait PON XII, Jumat (20/9/2024). (Foto: Antara)

KBRN, Jakarta: Kementerian Komunikasi dan Informatika menyebut, pemberitaan media online mengenai Pekan Olahraga Nasional XXI bernada positif. Dirjen Informasi dan Komunikasi Publik Prabunindya Revolusi mengatakan, hanya sedikit berita PON Aceh-Sumut yang bersentimen negatif. 

"Kalau di media online, sebetulnya pemberitaan sangat positif, 93 persen sentimen positif. Hanya ada tujuh persen yang negatif," ujar Prabu dalam keterangan di Medan, Sumatera Utara, Jumat (20/9/2024). 

Menurut Prabu, 93 persen berita positif itu memberitakan yang berkaitan dengan peristiwa yang terjadi selama PON berlangsung. Termasuk itu capaian-capaian positif dan cerita di balik kesuksesan atlet-atlet. 

Prabu menuturkan, tercatat ada 2.948 pemberitaan seputar PON XXI Aceh-Sumut. Berita-berita tersebut berasal dari 700 media online yang meliput PON di dua provinsi. 

"Kenaikan jumlah pemberitaan hari ke hari grafiknya terus meningkat. Jadi, saya mau mengucapkan terima kasih untuk kawan-kawan yang sudah berkontribusi dalam penulisan pemberitaan PON XXI," ucap Prabu. 

Untuk media sosial, Prabu menyampaikan, terdapat 25.448 pemberitaan seputar PON XXI bersliweran di medsos. Pemberitaan di medsos yang hangat bersentimen negatif. 

"Pada pembicaraan media sosial didominasi pembicaraan bersentimen negatif. Hal itu dikarenakan adanya kritik terkait konsumsi PON," kata Prabu. 

Ia juga berterima kasih dan mengapresiasi keterlibatan banyak pihak dalam menyelenggarakan dan menyukseskan PON XXI. Apresiasi ditujukan mulai dari pemerintah daerah hingga seluruh jurnalis yang memberitakan PON XXI Aceh-Sumut. 

Pewarta: Pradipta Rahadi
Editor: Mosita
Sumber: RRI