RRI

Jawa Barat Juara Umum Arung Jeram PON 2024

20 September 2024 06:00 WIB
Jawa Barat Juara Umum Arung Jeram PON 2024
Tim arung jeram Jawa Barat berpose dengan medali yang diperolehnya (Foto: PB FAJI)

KBRN, Jambur Mamang: Jawa Barat keluar sebagai juara umum cabang olahraga arung jeram pada PON 2024 Aceh-Sumatra Utara. Tim Jawa Barat mencatatkan prestasi dengan meraih total delapan medali emas, menguasai klasemen perolehan medali di ajang tersebut.

Perlombaan cabang olahraga arung jeram berlangsung di Sungai Mamas, Jambur Mamang, Aceh Tenggara. Pada hari terakhir, Kamis (19/9/2024), Jawa Barat berhasil mengawinkan medali emas di nomor slalom R6 putra dan putri.

Prestasi ini membuat Jawa Barat menguasai setengah dari total 16 medali emas yang diperebutkan. Tidak ada tim lain yang dapat menyamai raihan tersebut.

Jawa Tengah menempati posisi kedua dengan total dua medali emas dan lima perak. Sementara, Sumatra Utara berada di peringkat ketiga dengan dua medali emas, tiga perak, dan tiga perunggu.

DKI Jakarta mengikuti di urutan keempat dengan dua emas, dua perak, dan dua perunggu. Tuan rumah Aceh meraih satu emas, dua perak, dan tiga perunggu.

DI Yogyakarta mengumpulkan satu emas dan satu perak. Jawa Timur berada di peringkat ketujuh dengan dua perak.

Banten di posisi kedelapan dengan satu perak dan dua perunggu dan Kalimantan Selatan mengoleksi tiga perunggu. Sementara itu, Sumatra Barat mencatatkan dua perunggu.

Kalimantan Timur dan Sulawesi Utara masing-masing meraih satu perunggu. Jambi serta Sumatra Selatan menjadi satu-satunya provinsi yang belum mendapatkan medali.

"Kami mempersiapkan diri selama tujuh bulan untuk training center (TC). Jadi semua atlet dikarantina selama tujuh bulan, hanya diberikan istirahat dua hari dalam seminggu. Dalam seminggu ini mereka diberikan latihan selama 10 sesi secara intensif," kata Pelatih Kepala Tim Jawa Barat Adang.

Adang menekankan pencapaian ini merupakan hasil dari usaha maksimal dan pengalaman bertanding yang terus ditingkatkan. Ia juga mencatat perkembangan positif dari atlet di luar Pulau Jawa.

Ia berharap cabang olahraga arung jeram tetap dipertandingkan di PON 2028 Nusa Tenggara Barat dan Nusa Tenggara Timur. Adang berharap pembinaan atlet di daerah-daerah lain dapat terus ditingkatkan.

Dominasi Jawa Barat di nomor slalom R6 terlihat jelas. Tim putri mencatat waktu terbaik 4 menit 01,06 detik.

Mereka diikuti Jawa Tengah dengan catatan waktu 4 menit 39,52 detik. Di kategori putra, Jawa Barat juga mencatat waktu tercepat 3 menit 04,30 detik.

Pewarta: Danang Sundoro
Editor: Nugroho
Sumber: RRI