RRI

  • Beranda
  • Berita
  • Mendagri Tiba di Sumut, Hadiri Penutupan PON 2024

Mendagri Tiba di Sumut, Hadiri Penutupan PON 2024

20 September 2024 18:05 WIB
Mendagri Tiba di Sumut, Hadiri Penutupan PON 2024
Menteri Dalam Negeri (Mendagri), Tito Karnavian (tengah) saat tiba di Bandara Kualanamu Deli Serdang Sumatra Utara, Jumat (20/9/2024) sore. Mendagri dijemput langsung oleh Pj Gubernur Aceh, Safrizal dan Pj Gubernur Sumatra Utara, Agus Fathoni (Foto: PON 2024.dok)

KBRN, Medan: Menteri Dalam Negeri (Mendagri), Tito Karnavian tiba di Bandara Kualanamu Deli Serdang Sumatra Utara, Jumat (20/9/2024) sore. Mendagri dijemput langsung oleh Pj Gubernur Aceh, Safrizal dan Pj Gubernur Sumatra Utara, Agus Fathoni.

Kedatangan Mendagri ini dalam rangka Penutupan PON XXI Aceh-Sumut, yang akan berlangsung di Sumatra Utara pada malam ini. Sementara pembukaan PON dilakukan pada tanggal 9 September dua pekan lalu, di Stadion Harapan Bangsa Lhong Raya, Banda Aceh.

Sebelum menjemput Mendagri, Safrizal terlebih dahulu mengikuti konferensi pers bersama Pj Gubernur Sumut, terkait pelaksanaan PON di Aceh dan Sumut. Safrizal mengatakan penyelenggaraan tuan rumah bersama PON Aceh-Sumut, sebagai sarana pemerataan kesempatan olahraga bagi provinsi-provinsi di luar Pulau Jawa. 

Menurutnya, tuan rumah PON bersama adalah strategi yang harus terus diulang di masa depan untuk mendukung perkembangan olahraga di seluruh Indonesia. Serta memastikan semua daerah memiliki peluang yang sama untuk menunjukkan potensi atlet-atlet mereka.

"Saya pikir strategi ini sangat baik dan perlu diulang. Banyak bibit baru, atlet daerah yang muncul dari yang sebelumnya tidak diperkirakan dan mereka menjadi juara," kata Safrizal. 

Kesuksesan PON Aceh-Sumut ini, menurut Safrizal, tidak lepas dari kolaborasi semua pihak. Masyarakat Aceh, kata Safrizal, merasa bangga melayani bangsa sebagai tuan rumah penyelenggaraan PON. 

"Keberhasilan PON ini tercermin dalam empat aspek: penyelenggaraan, prestasi, administrasi, dan pengembangan ekonomi masyarakat," kata Safrizal. Lebih lanjut Safrizal menggarisbawahi filosofi tema PON “bersatu kita juara,” yang menekankan pentingnya kolaborasi dalam mencapai prestasi. 

Ia menegaskan bahwa keberhasilan tidak bisa diraih secara individu. Melainkan melalui kerja sama dan semangat kompetitif yang mendorong persatuan bangsa. 

Pewarta: Alfian Risfil
Editor: Seprianto
Sumber: RRI