RRI

  • Beranda
  • Berita
  • Kesuksesan PON Aceh-Sumut Dinilai karena Kolaborasi Semua Pihak

Kesuksesan PON Aceh-Sumut Dinilai karena Kolaborasi Semua Pihak

20 September 2024 22:55 WIB
Kesuksesan PON Aceh-Sumut Dinilai karena Kolaborasi Semua Pihak
Penjabat Gubernur Aceh, Safrizal Z.A (kiri) berfoto usai rapat harian CDM di Rumah Dinas Wakil Gubernur Aceh, Banda Aceh, Kamis (19/9/2024) (Foto: CDM PON XXI Aceh-Sumut/Humas)

KBRN, Banda Aceh: Penjabat Gubernur Aceh, Safrizal Z.A menyatakan, kesuksesan PON Aceh-Sumut tidak lepas dari kolaborasi semua pihak. Pertandingan yang berlangsung sekitar 10 hari berjalan lancar meskipun ada tantangan cuaca.

Menurutnya, masyarakat Aceh, merasa bangga melayani bangsa sebagai tuan rumah penyelenggaraan PON. “Keberhasilan PON ini tercermin dalam empat aspek, penyelenggaraan, prestasi, administrasi, dan pengembangan ekonomi masyarakat,” kata Safrizal, seperti yang dikutip dalam keterangan yang diterima RRI, Jumat (20/9/2024).

Ia juga menggarisbawahi filosofi tema PON “bersatu kita juara,” yang menekankan pentingnya kolaborasi dalam mencapai prestasi. Ditegaskannya, keberhasilan dapat diraih melalui kerja sama dan semangat kompetitif yang mendorong persatuan bangsa.

Menurutnya, tuan rumah PON bersama adalah strategi yang harus terus diulang di masa depan. Hal itu untuk memastikan daerah memiliki peluang yang sama untuk menunjukkan potensi atlet-atlet mereka.

“Saya pikir strategi ini sangat baik dan perlu diulang. Banyak bibit baru, atlet daerah yang muncul dari yang sebelumnya tidak diperkirakan dan mereka menjadi juara,” kata Safrizal. 

Sementara itu, Penjabat Gubernur Sumut, Agus Fathoni, menyoroti nilai strategis PON dalam menampilkan bakat-bakat muda dari seluruh Indonesia. Menurutnya, ajang ini memberikan kesempatan yang sama bagi setiap daerah untuk menunjukkan potensi mereka.

Selain itu, PON kali ini menurutnya membawa dampak positif pada pembangunan infrastruktur di provinsi tuan rumah. Lalu juga mendongkrak perekonomian daerah.

Pewarta: Annisa Ramadhannia
Editor: Seprianto
Sumber: RRI