RRI

  • Beranda
  • Berita
  • Para Renang Andalan Jateng, Target Juara Umum Peparnas

Para Renang Andalan Jateng, Target Juara Umum Peparnas

23 September 2024 01:12 WIB
Para Renang Andalan Jateng, Target Juara Umum Peparnas
Atlet para renang Jawa Tengah sedang berlatih di Kolam Renang Edupark Intanpari Karanganyar (Foto: NPC Indonesia)

KBRN, Solo: Tim para renang Jawa Tengah menargetkan prestasi 14 medali emas pada ajang Pekan Paralimpiade Nasional (Peparnas) XVII Solo. Latihan intensif di Kolam Renang Edupark Intanpari Karanganyar menjadi salah satu kunci penting adaptasi para atlet andalan Jateng.

Pelatih Tim Para Renang Jawa Tengah Didit Permadi menegaskan berambisi besar meraih gelar juara umum Peparnas kali ini. Cabang olahraga para renang diproyeksikan sebagai salah satu penyumbang medali terbanyak.

"Alhamdulillah, persiapan kami sudah mencapai 95 persen. Target kami di Peparnas XVII ini adalah meraih 14 medali emas," ujar Didit Permadi, Minggu (22/9/2024).

Dari total 51 atlet yang akan bertanding, para atlet telah menunjukkan perkembangan yang positif. Namun, persiapan para atlet tak lepas dari tantangan, terutama cuaca panas yang menyengat selama latihan.

"Kami merasa sangat diuntungkan dengan lokasi latihan (Kolam Renang Intanpari-red) ini. Sebab, selama masa persiapan, kami berlatih di sini. Sedangkan pertandingan Peparnas XVII nanti juga bakal dilakukan di tempat yang sama," kata Didit.

Salah satu atlet yang diharapkan menyumbang medali emas adalah Muhammad Faizqi Heryasa. Ia meraih medali emas nomor gaya dada putra 100 meter klasifikasi SB9 di Peparprov Jawa Tengah 2023.

"Tantangan paling besar selama masa persiapan ini memang saat latihan. Sebab, dibandingkan porsi latihan ketika di kota saya, latihan kali ini lebih berat," kata Faizqi.

"Saya merasa tanggung jawabnya juga lebih besar. Insaallah saya bisa menang,” ucap atlet asal Kendal ini.

Jawa Tengah mengirimkan 373 atlet dan 229 ofisial ke Peparnas XVII, dengan target besar meraih 110 medali emas. Pada Peparnas XVI Papua 2021, Jawa Tengah membawa pulang 89 emas, 60 perak, dan 76 perunggu.

Namun, mereka berada di peringkat ketiga di bawah Papua dan Jawa Barat. Jika mampu mencapai target, Jawa Tengah akan mencetak sejarah dengan menjadi kontingen paling sukses di Peparnas.

Sebelumnya, Jateng menjadi enam kali juara umum dengan yang terakhir kali pada Peparnas XIV 2012 di Pekanbaru, Riau.

Pewarta: Danang Sundoro
Editor: Nugroho
Sumber: RRI