ANTARA

  • Beranda
  • Berita
  • Trafik broadband 5G Telkomsel tumbuh 340 persen di PON XXI Aceh-Sumut

Trafik broadband 5G Telkomsel tumbuh 340 persen di PON XXI Aceh-Sumut

28 September 2024 13:40 WIB
Trafik broadband 5G Telkomsel tumbuh 340 persen di PON XXI Aceh-Sumut
Telkomsel menghadirkan pengalaman layanan broadband selama gelaran PON XXI Aceh Sumut 2024 dengan lonjakan trafik broadband 5G Telkomsel yang mencapai lebih dari 340 persen dibandingkan hari biasa. (ANTARA/HO-Telkomsel)
Jakarta (ANTARA) - Perusahaan telekomunikasi, Telkomsel, mencatatkan adanya lonjakan trafik broadband 5G hingga lebih dari 340 persen dibanding hari biasa selama perhelatan Pekan Olaharaga Nasional (PON) XXI Aceh-Sumut 2024 pada tanggal 9-20 September 2024.

"Telkomsel bangga dapat berkontribusi dalam mendukung kesuksesan penyelenggaraan PON XXI Aceh Sumut 2024 dengan menghadirkan layanan konektivitas digital terbaik," kata Vice President Area Network Operations Sumatera Telkomsel Nugroho Adi Wibowo dalam keterangannya yang diterima, Sabtu.

Telkomsel tidak hanya mencatat peningkatan pada trafik broadband jaringan 5G tapi juga pada layanan data jaringan lainnya dengan lonjakan trafik payload mencapai lebih dari 11.20 persen.

Kenaikan signifikan trafik layanan data ini mencerminkan komitmen perusahaan milik negara itu untuk terus menghadirkan konektivitas digital dengan teknologi terkini dalam beragam ajang nasional dan internasional.

Baca juga: Telkomsel beri diskon pembelian produk di lokasi pertandingan PON XXI

Baca juga: Telkomsel meningkatkan kapasitas 4G di 120 titik lokasi arena PON 2024


Dalam PON komitmen untuk menghadirkan teknologi terkini tersebut diwujudkan dengan penambahan jaringan 5G di 12 lokasi strategis penyelenggaraan PON XXI, pengoptimalan jaringan 4G di 257 site eksisting, serta pemasangan 14-unit Compact Mobile BTS (COMBAT).

Selama periode ajang olahraga terbesar tersebut berlangsung, lonjakan trafik data tertinggi tercatat di area Dinas Pemuda dan Olahraga Provinsi Sumatera Utara (GOR DISPORASU) Deli Serdang.

Peningkatan yang terjadi lebih dari 45,20 persen tempat pelaksanaan cabang olahraga Bulu Tangkis, Bola Basket, Futsal, Sepak Bola Putri dan lainnya.

Selain itu, lonjakan trafik data juga terjadi di SPORT Center Universitas Syiah Kuala Aceh, dengan peningkatan sebesar 42,60 persen, yang menjadi lokasi pelaksanaan cabang olahraga Baseball, Judo, Petanque dan Rugby.

Telkomsel juga mencatat adanya peningkatan pada pemanfaatan layanan digital seperti akses media sosial meningkat hingga 9.61 persen, layanan komunikasi seperti instant messaging dan video conference mencapai 8.05 persen persen, video streaming sekira 7.65 persen, mobile gaming melonjak hingga 10.5 persen, dan akses browsing tumbuh 8.58 persen.

Memeriahkan perhelatan PON XXI Aceh-Sumut 2024, Telkomsel mengenalkan beragam inovasi terbaru dari pemanfaatan 5G yang dapat dijajal langsung oleh peserta PON XXI hingga masyarakat sekitar.

Beberapa inovasi itu di antaranya 5G Cyber Dog, AI UU Robot, Smart Glasses, FMC Smart Home, Virtual Reality (VR), Sports Fan Engagement, 5G Device Ecosystem, 5G Smart Live Broadcast, Smart Pole CCTV, hingga 5G New Calling.

Ada juga teknologi 5G Cloud Gaming, yang pada hari penutupan PON XXI Aceh-Sumut memberikan pengalaman pada pengunjung sensasi bermain game dengan kecepatan tinggi tanpa memerlukan perangkat keras dengan spesifikasi yang canggih.

Selain itu, 5G Smart Desktop juga ditampilkan, menawarkan pengalaman unik melalui kacamata AR yang terintegrasi dengan kecepatan 5G, memberikan pengalaman multimedia dengan kapabilitas canggih seperti streaming video berkualitas tinggi tanpa jeda dengan interaksi AR yang mulus.

“Kami akan terus berinovasi dan beradaptasi untuk menghadirkan layanan terbaik yang mampu memenuhi kebutuhan komunikasi digital masyarakat di era transformasi digital yang semakin dinamis," tutup Nugroho.

Baca juga: Telkomsel buka pameran 5G di PON XX Papua

Baca juga: UI: Telkomsel berkontribusi tingkatkan konektivitas dan perekonomian

Baca juga: Telkomsel tingkatkan layanan 4G di 19 daerah di Indonesia

 

Pewarta: Livia Kristianti
Editor: Zita Meirina
Sumber: ANTARA