RRI

Papua Akhiri Dominasi Jabar di Futsal

3 Oktober 2021 16:15 WIB
Papua Akhiri Dominasi Jabar di Futsal

KBRN, Mimika: Luapan kegembiraan dan tangisan suka cita, tampak terlihat di laga final cabang olahraga futsal Pekan Olahraga Nasional (PON) XX 2021 Papua, di GOR Futsal SP2 Mimika, Papua.

Pasalnya tuan rumah Papua, berhasil mengalahkan juara bertahan Jawa Barat (Jabar) dengan skor akhir 4-2. 

Laga yang turut disaksikan Bupati Mimika, Eltinus Omaleang ini, tentu membuat Papua mengukir sejarah emas di cabor futsal di tanah cenderawasih.

Mendapat dukungan dari ribuan masyarakat Mimika, anak asuh coach Daud tampil trengginas sejak menit awal babak pertama.

M Najib membuka keunggulan Papua pada menit ke-5, setelah tendangan mendatar kaki kanannya sulit dijangkau kiper Jabar, Habiebie. Papua kembali menambah keunggulan 2-0 melalui Pieter di menit ke 9.

Namun jelang babak pertama usai, Jabar memperkecil skor menjadi 1-2 melalui gol Rio Pangestu. 

Memasuki babak kedua, Jabar kembali mengurung pertahanan tuan rumah. Hasilnya menit ke 22, Rio kembali menyamakan skor menjadi 2-2.

Tak ingin malu dihadapan publik sendiri, Papua kembali menerapkan permainan menyerang. Berdiri kosong tanpa kawalan, Fransiskus Tanu kembali membawa Papua unggul 3-2 usai bola hasil tendangannnya mengarah ke pojok bawah kiri tiang Jabar yang dijaga Ayub.

Hingga akhirnya Wendy Brian melengkapi kemenangan Papua menjadi 4-2 di menit 38.

Dengan hasil ini maka Papua berhak meraih emas dan mengakhiri dominasi Jabar di PON sebelumnya. Jabar harus puas raih perak, dan perunggu diraih Nusa Tenggara Barat setelah diperebutan ketiga mengalahkan Jatim dengan skor 5-1.

Pewarta: Joko Saputra
Editor: Tegar Haniv Alviandita
Sumber: RRI