RRI

  • Beranda
  • Berita
  • Sepak Takraw Gorontalo Buktikan Langganan Medali Emas

Sepak Takraw Gorontalo Buktikan Langganan Medali Emas

3 Oktober 2021 21:20 WIB
Sepak Takraw Gorontalo Buktikan Langganan Medali Emas

KBRN, Jayapura: Gorontalo suskes raih medali emas pada cabang Sepak Takraw di Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua 2021.

Babak final pada nomor inter regu putra, Gorontalo tumbangkan salah satu tim unggulan yakni Jawa Tengah dengan skor 2-0 di GOR Trikora UNSEN Kota Jayapura, Minggu (3/10/2021).

Set pertama, laga tim dimotori Hendra Pago ini, berjalan tanpa kendala yang berarti skor 21-13.

Memasuki set kedua, anak asuhan Herson Taha dan Noldi Husain ini harus bekerja ekstra, untuk membuktikan yang terbaik di ajang tertinggi di tanah air ini.

Di awal-awal poin set kedua, tim Gorontalo mulai menuai kesulitan, servis Halim Raji'u yang dikenal terkuat di Indonesia ini dengan mudah diterima pemain Jateng bahkan smash Zelki Ladada pun sulit menembus blok dari pemain Jateng hingga pada poin 17-20.

Terpaut tiga angka, Coach Herson Taha melakukan koordinasi dengan asisten pelatih Noldi Husain, menyepakati melakukan roling posisi, Hendra Pago bertindak sebagai lambungan servis. Strategi  ini berjalan sesuai harapan, berlahan-lahan mengejar poin hingga menyamakan kedudukan 20-20.

Kondisi ini, semangat pemain mantan atlet binaan PPLP ini  meningkat, gem ke dua yang seharusnya milik Jateng tersebut terhenti diangka 20 dan akhiri  servis yang keras dari Halim skor 22-20 sekaligus menutup permainan dan maraih medali emas. 

"Keberhasilan ini tidak lain berkat kehendak Allah SWT, melalui dukungan Doa keluarga dan masyarakat Provinsi Gorontalo," ungkap Halim Raji'u.

"Segala sesuatu yang terjadi bukan tidak lain adalah kuasa maha pencipta dan disertai dengan kekompakan, ketenangan, tekad dan komitmen kami meriah yang terbaik untuk nama daerah dan masyarakat Gorontalo pada umumnya" imbuhnya.

Sementara itu asisten pelatih Noldi Husain secara singkat menyampaikan rasa syukur dan bangga atas perjuangan anak asuhannya tersebut.

"Ini perjuangan yang tidak mudah, butuh strategi karena Jateng ini lawan yang perna dikalahkan dibabak penyisian secara otomatis kekurangan dan kelebihan mereka sudah mempelajarinya tetapi berkat ketenangan dan kesabaran mampu mengatasinya, Alhamdulillah kami sangat puas dengan hasil ini," ujarnya.

Di tempat yang sama ketua umum KONI Provinsi Gorontalo Mn.Fikram Hz.Salilama mengapresiasi perjuangan atlet sepak takraw tersebut. Ia mengaku sangat terpukau terhadap permainan yang ditunjukan luar biasa.

"Atlet kita ini patut mendapat penghargaan, kualitas yang dimiliki layak menjadi pemain nasional dan internasional, poin yang sangat krusial mereka mampu mengatasinya, patut diberi penghargaan," tuturnya.

Lanjut Fikram, atas keberhasilan ini Provinsi Gorontalo sementara ini memperoleh dua medali, satu emas dan satu perunggu dipersembahkan dari cabor Muay Thai.

Pertandingan selanjutnya sepak Takraw Gorontalo akan mengikuti nomor Dobel Iven regu yang akan dipertandingkan Senin 4 Oktober 2021.

"Saya memohon dukungan masyarakat Gorontalo, semoga nomor ini kembali menorehkan medali termasuk cabang olahraga lainnya yang hingga saat ini terus berjuang baik di Kota Jayapura, Kabupaten Jayapura, Kabupaten Mimika maupun Kabupaten Merauke," tutupnya.    

Pewarta: Bobi Riawan
Editor: Bobby Sapulette
Sumber: RRI