RRI

  • Beranda
  • Berita
  • Semifinal Kepagian Basket Putri: Jatim Lawan Jakarta

Semifinal Kepagian Basket Putri: Jatim Lawan Jakarta

4 Oktober 2021 16:50 WIB
Semifinal Kepagian Basket Putri: Jatim Lawan Jakarta

KBRN, Mimika: Laga kepagian tampaknya cocok disematkan untuk babak semifinal cabang olahraga bola basket beregu putri, dalam ajang Pekan Olahraga Nasional (PON) ke XX 2021 Papua. Hal itu, setelah sebelumnya DKI dan Jawa Timur (Jatim) berhasil lolos dengan mengalahkan lawan-lawannya.

Pada babak penyisihan grup B yang berlangsung di GOR basket Mimika Sport Complex (MSC), Senin (4/10/2021) siang, Jatim yang diperkuat sejumlah pemain nasional seperti Adelaide, Ardhany, dan Tjundawan mampu mengalahkan Bali dengan skor akhir 65- 24.

Pada kuarter pertama, Jatim sudah unggul cepat 8-0 melalui sumbangan 4 poin Ardhany dan Tjundawan. Bali mencoba mengejar melalui tembakan dua angka Ayu. Namun, Shoimah mampu menambah dua angka dan long shot Julienna membuat Jatim unggul di kwarter pertama dengan 15-4.

Memasuki kuarter kedua, Jatim menambah angka melalui shoting dua angka Ardhany. Jatim kembali menjauh berkat lemparan tiga angka Najiyah dan sumbangan dua angka dari Adelaide. Hingga kwarter kedua Jatim unggul 28-14.

Selisih 14 angka dari Jatim, anak asuh Muflih mencoba mengejar ketinggalan. Hasil bola rebound di area pertandingan Jatim, dimanfaatkan shoting pendek Kadek dan menambah dua angka.

Namun, lagi-lagi Shoimah menyumbangkan total 6 poin dan membawa Jatim kembali menjauh 35-22. Serta dua angka dari Adelaide menutup kuarter ketiga dengan 37-22.

Memasuki kuarter terakhir Jatim juga masih tidak terbendung. Adelaide dkk pun penutup laga dengan kemenangan 51- 30.

Usai pertandingan pelatih Jawa Timur, Lena mengaku anak asuhnya sudah menjalankan strategi dengan baik sepanjang kuarter.

"Dari awal kita memang bermain dengan defense dulu, baru kita pelan - pelan menyerang," ujarnya.

Sementara Sang pemain Adelaide mengaku sulit menghadapi tim Bali. "Cukup sulit lawan Bali, tapi kami sudah tampil maksimal," ujarnya. 

Dengan kemenangan ini Jawa Timur tampil sebagai juara grup dengan tiga kemenangan beruntun.

Sementara DKI Jakarta mampu mengunci runner up grup A, setelah menang atas tuan rumah Papua dengan skor 85-30.

Dengan demikian DKI Jakarta harus bertemu dengan Jawa Timur di Semifinal. Sedangkan di semifinal lainnya, juara grup A Sulawesi Selatan melawan runner up grup B Bali. 

Pewarta: Joko Saputra
Editor: Tegar Haniv Alviandita
Sumber: RRI