RRI

  • Beranda
  • Berita
  • Jatim-Jabar Berbagi Emas Nomor OHLG Aeromodelling

Jatim-Jabar Berbagi Emas Nomor OHLG Aeromodelling

4 Oktober 2021 17:25 WIB
Jatim-Jabar Berbagi Emas Nomor OHLG Aeromodelling

KBRN, Mimika: Jawa Timur (Jatim) dan Jawa Barat (Jabar), berbagi medali emas di hari pertama pertandingan di cabang olahraga Aeromodelling, dalam ajang Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua, yang diselenggarakan dilapangan SP 5 Mimika, Senin (4/10/2021).

Dalam perlombaan di nomor Out Hand Launch Glider (OHLG), atlet putri Jawa Timur, Dicka Cahya Putri berhasil meraih medali emas. Sedangkan Jajang Nur Jaman berhasil mempersembahkan emas bagi kontigen Jawa Barat.

Dalam perlombaan nomor OHLG kategori putri  yang dilangsungkan selama 6 kualifikasi, Dicka Cahya dan Nanik Novianti dari Papua sama sama mengumpulkan 360 poin.

Sehingga untuk menentukan pemenang harus melalui babak flyoff, dan Dicka berhasil unggul dengan total poin 484 sekaligus berhak mendapatkan medali emas.

Sedangkan Nanik Novianti hanya mampu mengumpulkan poin 452 dan berhak mendapatkan perak, sementara itu medali perunggu diraih oleh Rimbahayu Kumusa dari Jawa Tengah dengan poin 310.

Untuk kategori putra, dalam 6 kali kualifikasi, poin ketiga atlet yakni Jajang (Jawa Barat), Wisnu Dwi (Banten) dan Zaenal Widyanto (Papua) sama -sama mengumpulkan poin 360, sehingga pertandingan dilanjukan melalui flyoff.

Dalam flyoff Jajang berhasil mengumpulkan poin tertinggi  dan berhasil mempersembahkan medali emas bagi Jabar, engan poin total 540. Wisnu berada diurutan kedua dengan poin 523, sekaligus meraih medali perak, dan Zaenal hanya mengumpulkan 381, sehingga hanya mampu mempertahankan medali perunggu bagi kontingen tuan rumah.

Dicka Cahya Putri mengaku bersyukur dengan medali emas yang diraih, menurut kondisi cuaca di Mimika sulit ditebak, namun upaya dan strategi yang dilakukan tim Jawa Timur, cukup membantu sehingga bisa memberikan yang terbaik.

"Disini cuacanya sulit ditebak, namun motivasi dan dukungan dari seluruh tim membuat saya mampu tampil maksimal dan Alhamdulillah bisa meraih medali emas," ungkap Dicka, Senin (4/10/2021).

Pewarta: Sumarsono
Editor: Tegar Haniv Alviandita
Sumber: RRI