RRI

Erick Berharap 17 Venue PON Tetap Dikelola

4 Oktober 2021 18:30 WIB
Erick Berharap 17 Venue PON Tetap Dikelola

KBRN, Mimika: Kemegahan Mimika Sport Complek (MSC) selama pertandingan Pekan Olahraga Nasional (PON) ke XX Papua, terlihat di sejumlah venue cabang olahraga. Mulai dari GOR Basket yang berstandar internasional hingga lintasan atletik kelas dunia, tampak memanjakan seluruh mata pengunjung.

Mendapat dukungan penuh dari PT Freeport Indonesia, Mimika yang menjadi satu dari empat cluster pelaksanaan PON tahun 2020 tentu menjadi pemandangan menarik.

“Memang kita harus gotong royong dan tidak semua harus menjadi bagian pemerintah pusat. Kita harus lakukan secara bersama-sama. Nanti pemerintah daerah harus mengelola dengan baik aset-aset ini dengan membuat event,” ucap Erick usai menonton Pertandingan PON, di GOR basket Mimika, Senin (4/10/2021).

Diaktakan Erick, dalam rangka menyukseskan PON Papua, ada 17 venue cabor yang menggunakan anggaran pemerintah pusat melalui perusahaan BUMN seperti PT Freeport.

“Saya rasa kita konsisten dengan road map yang dibuat pak Menpora dan dipaparkan pak presiden bahwa kita akan fokus membantu 17 cabor," ujarnya.

Bahkan Menteri BUMN Erick Thohir dan Menteri Pemuda dan Olahraga Zainudin Amali menekankan agar usai pelaksanaan PON nanti, pemerintah daerah harus bisa menjaga dan merawat venue cabor ini dengan baik.

Dia menitip langsung kepada pemerintah daerah untuk merawat aset negara yang dibangun oleh PT Freeport.

"Kita sudah buktikan bagaimana perusahaan BUMN sudah bekerjasama dengan cabor-cabor tertentu. Itu yang kita maksimalkan sekarang. Khusus buat PON Papua buat PLN, telkom, freeport sangat mendukung. Freeport sendiri sudah membangun beberapa fasilitas cabang olahraga,” tukasnya. (Joko Saputra)

Pewarta: Joko Saputra
Editor: Syarif Hasan Salampessy
Sumber: RRI