RRI

Usai PON, Venue di Papua Jangan Mangkrak

4 Oktober 2021 19:20 WIB
Usai PON, Venue di Papua Jangan Mangkrak

KBRN, Mimika: Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali mengingatkan, pemerintah provinsi serta kabupaten dan kota untuk merawat venue yang telah dibangun usai PON selesai nanti. 

Amali berharap, selain dimanfaatkan sebagai pertandingan dan latihan cabang olah raga, fasilitas pendukung yang sudah dibangun dapat dimanfaatkan oleh masyarakat untuk tempat pemusatan latihan atlet. 

“Dari awal saya sudah ingatkan kepada pemerintah provinsi maupun kabupaten/ kota supaya menyiapkan rencana untuk pengelolaan venue dan tempat penginapan supaya itu bisa dimanfaatkan oleh masyarakat. Termasuk kepada perguruan tinggi, gereja, dan sebagainya bisa dijadikan asrama dan tempat berlatih,” ujar Amali usai menyaksikan pertandingan basket beregu putri di ajang Pekan Olahraga Nasional (PON) ke XX Papua, di Mimika Sport Complex (MSC), Senin (4/10/2021).

Amali menekankan, nantinya dia juga akan mendorong cabang-cabang olahraga agar kejuaraan tingkat nasional bahkan internasional dapat dilaksanakan di Papua. Namun, hal itu juga butuh tanggung jawab dan konsistensi dari pemerintah daerah agar betul-betul memanfaatkan venue yang telah dibangun pemerintah tersebut. Menpora tidak ingin venue tersebut nantinya mangkrak seperti kejadian PON sebelumnya. 

“Komitmen dari kami Kemenpora, semaksimal mungkin saya akan mendorong kegiatan-kegiatan olahraga yang bertingkat nasional bahkan internasional ke Papua. Misalnya Kejurnas sudah pasti. Tetapi itu hanya tambahannya. Pertama tetapi pemerintah daerah, kalau pemerintah daerah tidak kreatif menyiapkan kegiatan pasca PON, nasibnya akan sama dengan tempat lain,” pesan Amali.

“Pemerintah pusat membantu membangun fasilitas, tapi peliharaannya diserahkan kepada pemerintah daerah. Kami bisa mendorong kegiatan seperti kejurnas,” sambungnya.

Pewarta: Joko Saputra
Editor: Bobby Sapulette
Sumber: RRI