RRI

  • Beranda
  • Berita
  • Semifinal Basket Putri, Jatim Bertemu DKI Jakarta

Semifinal Basket Putri, Jatim Bertemu DKI Jakarta

5 Oktober 2021 08:05 WIB
Semifinal Basket Putri, Jatim Bertemu DKI Jakarta

KBRN, Surabaya: Tim basket putri Jawa Timur (Jatim) keluar sebagai juara grup X Pekan Olahraga Nasional (PON) XX 2021 Papua. Hasil ini memastikan Jatim memegang tiket semifinal.

Di babak 4 besar, mereka akan bersua tim DKI Jakarta. Sebelum melangkah ke semifinal, basket putri Jatim mengalahkan Bali dengan skor 51-30.

Dalam pertandingan itu, Jatim tak terbendung sejak kuarter pertama. Mereka bisa mencetak 26 poin di paint area dan memanfaatkan kesalahan turnover Bali dengan membuat 24 poin. 

Jatim langsung melesat 15-4 di kuarter pertama. Para pemain tidak mengendurkan serangan, sebab Bali bisa saja berbahaya dengan Ayu Sriartha dan Mita Istinawati. Keduanya memiliki tembakan akurat. Tapi berkat kesabaran, tim Jatim bisa mengamankan keunggulan sampai akhir.

Bali tidak mampu menahan laju Christine Aldora Tjundawan yang mencetak 15 poin dan 11 rebound untuk Jatim. Amelia Ryan Ayu Ardhany menambahkan 11 poin.

“Kami mencapai target yang sudah dicanangkan. Kini kami menatap laga semifinal,” ujar pelatih Jatim Lena usai laga di GOR Basket Mimika Sports Complex, Senin (4/10/2021).

Sebagai juara grup X, Jatim akan berhadapan dengan DKI Jakarta yang finish di urutan kedua grup Y, setelah menundukkan tuan rumah Papua dengan skor 85-30.

“Kami akan bertemu DKI Jakarta di semifinal. Kami sudah tahu kekuatannya seperti apa. Tapi yang terpenting anak-anak harus siap,” imbuhnya.

Lena juga menyoroti ketenangan bermain timnya. Saat berlaga di semifinal, para pemain tidak boleh terburu-buru. Harus tenang dalam offense dan defense.

Komunikasi juga menjadi sorotan meski timnya menang lawan Bali. Jatim masih perlu memperbaiki komunikasi ketika bertanding.

Babak semifinal antara Jatim melawan DKI Jakarta akan berlangsung di Gor Basket Mimika Sports Complex, Kamis (7/10/2021) .

(Humas KONI Jatim/tim)

Pewarta: Budi Suwarno
Editor: Tegar Haniv Alviandita
Sumber: RRI