RRI

  • Beranda
  • Berita
  • Menpora Panggil Semua Dekan Keolahragaan Se Indonesia

Menpora Panggil Semua Dekan Keolahragaan Se Indonesia

5 Oktober 2021 10:45 WIB
Menpora Panggil Semua Dekan Keolahragaan Se Indonesia

KBRN, Timika: Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) RI Zainuddin Amali mengaku, pihaknya akan mengadakan rapat besar dengan Dekan-dekan keolahragaan Universitas yang ada di seluruh Indonesia, Kamis (7/10/2021) mendatang.

Menpora menyampaikan, salah satu agenda pembahasan nanti adalah untuk mempersiapkan sumber daya manusia berprestasi dan profesional, dalam olahraga. Hal itu guna mendukung percepatan pembinaan olahraga melalui desain olahraga nasional yang telah dikonsep oleh Kemenpora

“Saya tanggal 7 (oktober) akan berbicara dengan Dekan keolahragaan seluruh Indonesia. Mereka akan hadir di Universitas Cendrawasih. Termasuk bagaimana mempersiapkan sumber daya manusia. Karena olahraga itu tidak hanya atlet,” jawab Menpora, saat konferensi pers di media center PON 2021, cluster Mimika, beberapa waktu lalu.

Ditanya RRI terkait rencana pembangunan Universitas keolahragaan di Papua dan kabupaten/ kota se Papua, hal itu masih butuh proses panjang. Menpora menyebut, pihaknya tidak ingin terburu-buru, karena berkaca dari kasus wisma atlet Hambalang di Palembang.

“Sementara ini kita manfaatkan yang ada, terutama yang ada fakultas keolahragaannya untuk perguruan tinggi. Kita sudah pernah mencoba di Palembang, tapi akhirnya terlantar,” ujar Menpora.

Sementara Sekretaris Umum PB PON Cluster Mimika, Cessar A Tunya mengatakan, usai PON nanti pemerintah daerah akan membicarakan terkait pengelolaan venue-venue yang dibangun pasca PON.

“Setelah paska PON kita akan dihibahkan venue cabang olahraga oleh PB PON kepada pemerintah Kabupaten Mimika. Sesuai dengan aturan Undang – undang, ini akan dikelola oleh Badan Layanan Umum Daerah,” ujarnya.

Pewarta: Joko Saputra
Editor: Tegar Haniv Alviandita
Sumber: RRI