RRI

  • Beranda
  • Berita
  • Renang Perairan Terbuka, Jatim Kembali Raih Emas

Renang Perairan Terbuka, Jatim Kembali Raih Emas

5 Oktober 2021 14:35 WIB
Renang Perairan Terbuka, Jatim Kembali Raih Emas

KBRN, Jayapura: Dominasi Jawa Timur (Jatim) pada cabang olahraga (cabor) Renang Rerairan Terbuka dalam ajang Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua 2021, kembali terlihat usai Adinda Larasati Dewi Kirana yang turun di nomor 10 KM putri, keluar sebagai yang tercepat sekaligus berhak atas medali emas.

Pada perlombaan yang berlangsung di Teluk Yos Sudarso Jayapura, Papua, Selasa (5/10/2021), Adinda berhasil mencatatkan waktu 2 jam 13 menit 49 detik.

Sementara posisi kedua ditempati Katrhiana Mella Gustianjani dari DKI Jakarta dengan catatan waktu 2 jam 22 menit 45 detik serta Viginia Silvia Nathan dari Jawa Barat di posisi ketiga dengan catatan waktu 2 jam 27 menit 51 detik.

Salah satu pelatih renang Jawa Timur, Khusaini Matleg mengatakan, sejak awal pihaknya sudah optimis Adinda mampu meraih medali emasi di nomor 10 KM putri.

“Kalau nomor 10.000 ini kita benar-benar yakin kita yang jadi pemenang, karena dari Pra PON Adinda ini memang unggulan. Makanya kita proyeksikan Adinda untuk turun di renang kolam. Sebenarnya catatan waktunya masih bisa lebih baik Cuma kita jujur saja tidak terlalu mengejar catatan waktu karena masih ada 7 nomor yang akan diikuti Adinda di renag kolam,” kata Khusaini Matleg kepada RRI usai pengalungan medali, Selasa (5/10/2021).

Menurutnya, tambahan 1 medali emasi dari nomor tersebut sekaligus memenuhi target yang diberikan KONI Jawa Timur kepada pihaknya, untuk cabor Renang Perairan Terbuka.

“Untuk renang target dari KONI 14 medali emas kalau renang perairan terbuka 2 medali emas dan itu sudah tercapai tapi, kita masih berpeluang melampaui target untuk Renang Perairan Terbuka, karena masih ada 2 atlet kita yang akan turun di nomor 3.000 meter besok,” katanya.

Sementara itu, perenang Katrhiana Mella Gustianjani dari DKI Jakarta mengaku, cukup puas dengan medali perak yang diraihnya pada nomor 10 KM Putri dan sesuai tagetnya pada PON XX ini.

“Strategi saya dari rol 1 sampai 4 itu  ngak minum untuk ngejar yang di posisi satu dan menjaga jarak dengan yang ngikuti dari belakang. Puas kerena ini best time saya, Pra PON kemarin juga di posisi kedua jadi tagertnya antara mempertahankan atau naik ke posisi satu,” ungkap Katrhiana.

Ditambahkan, medali tersebut ia persembahkan untuk semua pihak yang selama ini telah mendukung dirinya.

“Medalainya saya persembahkan buat keluarga, pelatih yang sudah bantu saya di Jakarta dan buat semuanya,”tambahnya.

Pewarta: Eldyanus Lebang
Editor: Tegar Haniv Alviandita
Sumber: RRI