RRI

  • Beranda
  • Berita
  • Fadlan Berhasil Sumbangkan Medali Emas Untuk Jabar

Fadlan Berhasil Sumbangkan Medali Emas Untuk Jabar

5 Oktober 2021 16:05 WIB
Fadlan Berhasil Sumbangkan Medali Emas Untuk Jabar

KBRN, Jayapura: Pada lanjutan Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua cabor Renang Perairan Terbuka, kontingen Jawa Barat (Jabar) melalui atletnya Aflah Fadlan Prawira yang turun di nomor 10 KM, berhasil menyabet 1 medali emas, Selasa (5/10/2021).

Fadlan mengakui, sempat terhambat ombak dan ubur-ubur di awal lomba. Namun hal itu dapat diatasi dan mampu keluar sebagai yang tercepat.

“Tadi di awal-awal memang ada sedikit kendala, ombak sama ubur-ubur tapi semuanya bisa diatasi dan berjalan lancar hasilnya juga baik,”ungkap Fadlan kepada Wartawan usai pengalungan medali cabang olahraga Renang Perairan Terbuka nomor 10 KM yang berlangsung di Teluk Yos Sudarso Jayapura, Papua pada Selasa pagi (7/10/2021).

Menurutnya, setiap venua memiliki karakteristik yang berbeda-beda, hal inilah yang membuat Renang Perairan Terbuka menjadi istimewah.

“Yang pasti inilah salah satu spesialnya berenang di laut, perairan terbuka jadi setiap venue itu memiliki karakter tersendiri,”katanya.

Peraih Medali emas pertama Jabar dari cabor Renang Perairan terbuka tersebut juga mengaku, masih akan berlaga di beberapa nomor pada cabor Renang Kolam.

“Kalau catatan waktu setiap laut/venue itu berbeda jadi tidak bisa jadi patokan tapi alhamdulillah bisa dapat medali emas dan saya persembahkan untuk Jawa Barat. Mudah-mudahan di nomor kolam nanti dapat hasil yang baik juga,”tutupnya.

Di tempat yang sama, Wakil Ketua Umum PB PRSI, Sarman Simanjorang berharap, capaian Fadlan dapat menjadi motivasi sehingga memunculkan bakat-bakat muda di cabang Renang Perairan Terbuka.

“Mudah-mudahan dengan prestasi yang diraih Fadlan ini menjadi motivasi bagi yang lain dan harapannya ke depannya akan muncul bibit baru khususnya di renang perairan terbuka. Jujur untuk Renang Perairan Terbuka di PON XX ini hanya diikuti 6-7 Provinsi masih kurang banyak, kita sangat berharap di PON 2024 nanti pesertanya makin banyak,”harapnya.

Sarman mengakui, Teluk Yos Sudarso, Jayapura yang merupakan Venue cabor Renang  Perairan Terbuka PON XX Papua, layak menyelenggarakan event-event nasional dan internasional.

“Venue ini sudah luar biasa, sangat-sangat luar biasa. Artinya, Teluk ini ( Teluk Yos Sudarso,Red), sangat lanyak untuk event-event nasional maupun internasional,”tambahnya.

Pada nomor 10 KM Putra Renang Perairan Terbuka, Aflah Fadlan Prawira berhasil mencatatkan waktu 2 jam 2 menit 50 detik dan berhak atas medali emas, di posisi kedua Moch. Dimas Permana Taufik dari Jawa Timur dengan catatan waktu 2 jam 6 menit 6 detik sementara atlet D.K.I. Jakarta Joe Aditya menempati posisi ketiga dengan catatan waktu 2 jam 7 menit 53 detik.

Pewarta: Eldyanus Lebang
Editor: Tegar Haniv Alviandita
Sumber: RRI