RRI

  • Beranda
  • Berita
  • Kalahkan Bali, Basket Sulut Rebut Tiket Semifinal

Kalahkan Bali, Basket Sulut Rebut Tiket Semifinal

5 Oktober 2021 16:45 WIB
Kalahkan Bali, Basket Sulut Rebut Tiket Semifinal

KBRN, Mimika: Bola basket putra Sulawesi Utara (Sulut), memastikan sebagai tim pertama yang lolos ke semifinal Pekan Olahraga Nasional (PON) ke XX 2021 Papua.

Berlangsung di GOR Basket Mimika Sport Komplex, Selasa (5/10/2021), anak asuh Roland Lengkong sukses kalahkan dominasi Bali dengan skor 86-56. 

Di kuarter awal, Sulut lambat panas. Mereka harus tertinggal 17-21. Memasuki kuaryet kedua Tangkulung dkk mulai tampil dominan. Sumbangan 7 poin dari Tangkulung dan 12 poin dari Fernando membawa Sulut di akhir kuarter kedua mengungguli Bali 41-37.

Di kuarter ketiga, Bali yang diperkuat pemain IBL seperti Manangsang dan Pande tidak mampu keluar dari tekanan. Bahkan di akhir kuarter ketiga Sulut unggul 15 bola dari Bali.

Pada keempat Bali sempat mengecilkan kedudukan melalui sumbangan dua angka Yohanes. Namun, hingga akhir laga, Sulut tetap unggul dengan 86-56. 

Usai laga, pelatih Sulut, Roland Lengkong mengapresiasi perjuangan anak asuhnya. Dari awal timnya yakin bisa memenangkan laga dan tampil all out. 

"Kunci kemenangan kita adalah defence. Makanya, penyerangan yang baik berawal dafi defence," ujarnya.

Sementara Tangkulung mengucap syukur timnya bisa tampil maksimal. Hasil ini tentu menambah rasa kepercayaan diri ia dan rekannya dalam babak semifinal.

"Puji tuhan hari ini diberi kemenangan. Di semifinal nanti kami akan memperbaiki defense," ujarnya. 

Dengan hasil ini Sulut memastikan langkahnya lolos ke semifinal. Sedangkan Bali harus menjalani laga hidup mati melawan Jatim untuk merebut satu tiket ke semifinal. (Joko Saputra)

Pewarta: Joko Saputra
Editor: Tegar Haniv Alviandita
Sumber: RRI