RRI

Aceh Tambah Perak dan Perunggu dari Anggar

6 Oktober 2021 00:00 WIB
Aceh Tambah Perak dan Perunggu dari Anggar

KBRN, Merauke: Kontingen Aceh kembali menambah dua medali dari cabang olahraga Anggar di Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua. Medali perak dan perunggu diraih dari nomor floret perseorangan putra. 

Pertandingan Anggar nomor floret perseorangan putra, berlangsung di Aula Archelaus Sai, Kabupaten Merauke, Selasa (5/10/2021). Aceh menurunkan dua atlet di nomor ini yakni, Yudi Anggara Putra dan Erwan Tona.

Sejak babak penyisihan hingga delapan besar, keduanya sukses mengandaskan lawan masing-masing. Sehingga Yudi Anggara Putra dan Erwan Tona sukses menciptakan All Aceh Semifinal. 

Dalam partai semifinal sesama Aceh, Erwan Tona sukses mengalahkan rekannya Yudi Anggara Putra dengan skor 15-8. Hasil ini membuat Yudi Anggara Putra harus puas meraih perunggu di nomor ini. 

Sementara Erwan pun lolos ke final menghadapi Muhammad Fuad yang sebelumnya mengalahkan Aldo Pratama Arjoni dari Sumatera Selatan. Di partai final, duel adu pedang Erwan Tona versus M Fuad berlangsung sengit. 

Di menit-menit awal, Erwan sukses mencuri poin pembuka. Saling kejar-kejaran poin pun terhindari, bahkan pada tiga menit kedua, keduanya sama-sama meraih 10 poin. Bahkan keduanya sempat sama-sama mendapat nilai 13.  

Akhirnya, Erwan Tona pun harus mengakui keunggulan Fuad dan harus menyerah 13-15. Kekalahan ini membuat Erwan harus puas dengan raihan perak, sedangkan koleganya, Yudi Anggara meraih perunggu. 

Dengan tambahan perak dan perunggu, kini Kontingen Aceh baru mengoleksi tiga emas, tiga perak dan tiga perunggu.  Cabor Anggar di PON XX Papua yang dipertandingkan di Klaster Merauke di venue Archelaus Sai, Bambu Pemali Merauke, dimulai sejak Senin (4/10/2021) dan berakhir 9 Oktober ini.(*)

Pewarta: Syahril Ahmad
Editor: Heri Firmansyah
Sumber: RRI