RRI

  • Beranda
  • Berita
  • PON-Papua, Petinju Yudit Mounino ke Perempat Final

PON-Papua, Petinju Yudit Mounino ke Perempat Final

6 Oktober 2021 08:50 WIB
PON-Papua, Petinju Yudit Mounino ke Perempat Final

KBRN, Jayapura: Kontingen PON Nusa Tenggara Timur (NTT) cabang olahraga tinju menurunkan empat atletnya pada hari pertama pelaksanaan kejuaraan tinju amatir PON XX Papua Tahun 2021 di GOR Cendrawasih pada, Selasa (05/10/2021).

Kontingen NTT tidak hanya meloloskan petinju Anggelina Niis yang turun dikelas 45 kg puteri, akan tetapi juga lolos ke partai perempat final atas nama Yudit Elisabet Mounoni. Hal itu setelah berhasil meraih kemenangan angka atas petinju Cindy Cinora asal Provinsi Riau dikelas 51 Kg Putri.

Sementara itu, di partai ketujuh, NTT yang menurunkan petinju Sandu Nestavari Calvin dikelas 45-48 kg puteri, kalah dari petinju Endang asal Nusa Tenggara Barat dipartai ke-7.

Kegagalan yang sama juga dialami atlet NTT lainnya atas nama Albert Taralandu dikelas 46 kg putera, kalah angka dari petinju Michael J. Abas asal Sumatera Utara dipartai ke-12.

Kekalahan Albert Taralandu sempat menuai kekesalan pendukung kontingen NTT yang hadir menyaksikan langsung jalannya pertandingan di GOR Cendrawasih APO, Kota Jayapura, Papua.

Terpantau dari tribun, supporter NTT yang dipimpin Kadispora NTT Hildegardis Bria Seran dan para pelatih, mereka terlihat sangat antusias dan bersemangat mendukung Albert yang sedang bertanding.

Akan tetapi hasil yang diumumkan wasit-hakim membuat  supporter dan pendukung kesal. Hasil tersebut pun tidak ada aksi protes dari Pelatih yang hadir, sehingga hasil keputusan tersebut pun langsung diterima, dan pertandingan tetap dilanjutkan.

 Melihat langsung kondisi tersebut, Ketua KONI NTT Andre Koreh berharap, pada tiga partai berikutnya yang diikuti kontingen NTT pada, Rabu (06/10/2021) memberi hasil yang maksimal.

Andre Koreh mengaku sangat memahami keputusan wasit-juri. Akan tetapi ia menilia atlet-atlet bertanding sangat bagus dan potensial. Pihaknya terus memberi semangat kepada atlet-atlet tinju NTT,  yang masih tersisa 6 partai. Menurutnya, peluang atlet NTT meraih medali dari cabor tinju masih terbuka.

Tiga petinju NTT yang turun bertanding pada hari kedua, Rabu enam Oktober 2021 adalah, pertama dikelas 57-60 kg Puteri Erniati Ngongo (NTT) vs Ananda F. Aryani (Lampung) bermain ke-4  partai 20 partai yang terjadwal. Kedua adalah, dikelas 60-64 kg Puteri Imaculata Loda (NTT) vs Salomina Yarisetouw (Papua), bermain ke-8 partai 24. Dan ketiga adalah kelas 46-49 kg Putera, Mario Kali (NTT) vs Muh. Kopong ( Malut) main ke-15 partai 31. (at/imr)

Pewarta: Alo Tani
Editor: Nugroho
Sumber: RRI