RRI

Dua Pesilat NTT Tanding Hari ini

6 Oktober 2021 09:35 WIB
Dua Pesilat NTT Tanding Hari ini

KBRN, Kupang: Kontingen Pekan Olahraga Nasional (PON) Nusa Tengara Timur (NTT) cabang olahraga (cabor) pencak silat, hari ini, Rabu (06/10/2021), akan menurunkan dua atlet terbaiknya untuk bertanding di kelas B Putra 50-55 kg putera dan kelas C putera 56-60 kg putera di GOR Toware Sentani, Kabupaten Jayapura, Provinsi Papua.

Dua pesilat tersebut adalah,  Moh Zaki Zikrillah Prasong kelas tanding kelas B Putera 50-55 kg putera dan Kholil R  A  Aklis dikelas tanding C Putra 56-60 kg putera.

Manager Tim PON NTT cabor pencak silat Dominggus Haga kepada RRI di GOR Toware, Rabu (06/10/2021) menuturkan, dua atlet ini memikili kemampuan tanding yang sudah teruji.

Karena keduanya sudah berulang-ulang kali mengikuti berbagai kejuaraan baik di daerah maupun nasional. Bahkan tercatat, keduanya berhasil meraih medali perak pada saat Pra PON 2019 kemarin di Jakarta.

“Dua atlet kami ini sangat siap bertanding hari ini. Kalau dilihat dari kemampuan mereka itu sudah sangat teruji. Zakri kemarin meraih medali perak di Pra PON 2019, kalah dari atlet Sumatera Barat. Sedangkan Kholil kalah dari atlet Aceh dan meraih medali perak juga. Catatan prestasi ini kami sangat yakin  bahwa, anak-anak kami sudah sangat siap tanding hari ini di GOR Toware,” tandas Dominggu.

Sementara itu, Pelatih Frengki dan Leonard juga menuturkan bahwa, walaupun banyak kendala yang dihadapi saat persiapan atle termasuk kurangnya tryout, akan tetapi mereka sangat yakin enam atlet pencak silat NTT pasti meraih prestasi maksimal di PON XX Papua 2021.

Ketua Umum Koni NTT Andreas W Koreh yang turut menyaksikan jalannya pertandingan di GOR Toware sangat berharap, dua atlet NTT yang tanding hari ini, bisa menorehkan prestasi terbaik sehingga membawa pulang medali untuk masyarakat NTT.

“Hari ini dua atlet silat kita dan tiga petinju kita tanding di GOR Toware Sentani dan GOR Cendrawasih Jayapura. Kita berharap mereka memberikan yang terbaik buat NTT. Dua atlet NTT dari cabor pencak silat akan tanding di partai kedua dan kelima. Sedangkan tiga petinju kita juga bertanding hari ini di Jayapura, semoga mereka bisa melaju ke babak berikutnya,” tutur Andre.

“Cabor andalan NTT sudah mulai tanding sejak kemarin yakni Tinju berkekuatan 10 atlet dan hari ini Pencak Silat yang berkekuatan enam atlet juga sudah mulai tanding. Semoga sesuai scenario pelatih dan pengurus kita bisa meloloskan atlet-atlet kita yang tanding hari ini,” harap Andre.

Sementara itu, Kadispora NTT Hildegardis Bria Seran  juga sangat berharap, para atlet silat NTT bisa mempersembahkan yang terbaik, serta bertanding semaksimal mungkin dan lolos ke babak berikutnya.

Karena Pencak Silat merupakan salah satu cabang olahraga yang diandalkan meraih medali emas di PON XX Papua 2021.

Cabang olahraga pencak silat akan mempertandingkan 22 kelas. NTT mengikuti enam kelas.

Empat atlet silat lainnya yang turut bertanding di PON Papua 2021 adalah, Jeni Elvis Kause kelas B puteri 50-55 kg,  Novita Rumengan dikelas tanding E Puteri 65-70 kg, Ronaldo Neno dikelas F putera 70-75 kg, Godelifa Lali Inna dikelas seni tunggal puteri. 

Pewarta: Alo Tani
Editor: Tegar Haniv Alviandita
Sumber: RRI