RRI

  • Beranda
  • Berita
  • Panjat Tebing Jatim Lima Emas, Berpeluang Tambah

Panjat Tebing Jatim Lima Emas, Berpeluang Tambah

6 Oktober 2021 09:45 WIB
Panjat Tebing Jatim Lima Emas, Berpeluang Tambah

KBRN, Surabaya: Kontingen Panjat Tebing Jawa Timur (Jatim), berhasil memenuhi target lima medali emas dalam ajang Pekan Olahraga Nasional (PON) XX  Papua 2021. 

Bahkan, Jatim kemungkinan bisa melampaui dan menambah medali emas, karena masih ada beberapa nomor yang akan diikuti dalam babak final nanti. 

Fitria Hartini adalah atlet ke lima yang turut mempersembahkan medali emas untuk Jatim dari arena panjang tebing. Ia tampil baik di nomor boulder perorang putri.

Atas capaian tersebut, panjat tebing Jatim memenuhi target 5 medali emas.

Fitria mendapat poin tertinggi 1T3z dalam laga final di Arena Panjat Tebing, Mimika, Papua, Selasa (5/10/2021). Ia unggul atas pemanjat Jatim lainnya, Kharisma Ragil Rakasiwi yang berada di peringkat dua dengan poin 0T3z.

Sedangkan peringkat tiga atau medali perunggu diraih atlet Jabar Salsabila dengan skor poin 0T3z.

Pada hari yang sama, juga dipertandingkan final nomor lead perorangan putra. Tapi wakil Jatim gagal menyumbangkan medali. Adapun medali emas nomor ini menjadi milik kontingen tuan rumah Papua. Lalu medali perak didapat atlet Bali, dan mendali perunggu milik kontingen Jabar.

Kendati demikian, Jatim memimpin perolehan medali dengan total 5 emas, 4 perak, dan 1 perunggu. Posisi runner-up ditempati Papua dengan capaian 2 emas dan 1 perunggu. Posisi ketiga kontingen Jabar dengan 1 emas 2 perak 5 perunggu. Disusul Bali di urutan empat meraih 1 emas dan 1 perak. Lalu Kalbar urutan lima dengan 1 medali emas.

Pelatih panjat tebing Jatim Galar Pandu Asmoro mengaku bersyukur. Menurutnya, 5 medali emas yang diraih sebelumnya memang sudah diprediksi.

“Jadi, hasil itu memang sudah sesuai dengan harapan kami,” katanya.

Jatim masih punya peluang untuk menambah koleksi medali emas. Yakni dari nomor speed relay serta combined, masing-masing untuk putra dan putri. Pada nomor speed relay di sektor putra, Jatim akan bersaing dengan Jateng, Sumsel, dan Jabar.

Sedangkan untuk putri, lawan yang dianggap pesaing berat adalah Jateng.

Sementara pada nomor combined putri, Jatim akan bersaing dengan Nusa Tenggara Barat (NTB).

“Di combined putra, persaingan akan terjadi sesama atlet Jatim. Jadi peluang kita untuk menambah medali emas terbuka lebar,” terang Galar.

Pewarta: Budi Suwarno
Editor: Tegar Haniv Alviandita
Sumber: RRI