RRI

  • Beranda
  • Berita
  • Raih Emas Biliar, James Lengkang Apresiasi Suporter

Raih Emas Biliar, James Lengkang Apresiasi Suporter

6 Oktober 2021 10:30 WIB
Raih Emas Biliar, James Lengkang Apresiasi Suporter

KBRN, Papua: Pukulan terakhir James Lengkang menghasilkan 1 poin pada nomor One Cushion Single Putra menggenapi total poin raihannya menjadi 100 dan memimpin jauh meninggalkan rivalnya Hotmaruli Simarmata wakil Sumatera Utara yang hanya mampu meraih 37 poin.

Praktis kemenangan ini pun mengantarkan James meraih emas bagi Papua pada pertandingan di cabang olahraga biliar Pekan Olahraga nasional PON XX Papua.

Bagi James, jalan mulusnya hingga mencapai final tak lepas dari dukungan suporter tuan rumah.

“Ya ini gara-gara disupport sama tim Papua jadi semangat mainnya,” ujar James usai pertandingan pada Selasa (5/10/2021) malam.

Motivasi tinggi juga diterima James dengan hadirnya Gubernur Papua Lukas Enembe di GOR Biliar Wangirja, Kabuoaten Mimika, Papua.

“Malu juga kalau sudah ditonton dan didukung langsung olah Pak Gubernur (Lukas Enembe) trus kalah,” sambungnya.

Selama bertanding semua lawan diakuinya memiliki penampilan yang baik, namun wakil salah satu yang menurut James cukup menyulitkannya adalah wakil Jawa Tengah di fase perempat final.

“Semua lawan memang bagus, tapi yang cukup menantang adalah di fase delapan besar karena menghadapi atlet nasional yang memang spesialisasinya di nomor ini,” aku James.

Emas yang diperoleh James Lengkang ini secara otomatis membuat Hotmaruli Simarmata dari Sumatera Utara memperoleh medali perak.

Sedangkan medali perunggu diraih wakil Sumatera Utara lainnya Jhonny Chandra dan wakil Jawa Barat Herowanto.

Kemenangan James juga mengantarkannya menjadi wakil pertama Papua yang meraih emas dari cabor biliar.

Pewarta: Niar Abdul Litiloly
Editor: Nugroho
Sumber: RRI