RRI

  • Beranda
  • Berita
  • Tertinggal Tiga Kuarter, Jatim Bangkit Kalahkan Bali

Tertinggal Tiga Kuarter, Jatim Bangkit Kalahkan Bali

6 Oktober 2021 14:05 WIB
Tertinggal Tiga Kuarter, Jatim Bangkit Kalahkan Bali

KBRN, Mimika: Laga panas syarat penuh gengsi kembali tersaji, dalam babak penyisihan akhir grup B basket putra, di arena Pekan Olahraga Nasional (PON) 2021.

Berlangsung di GOR Basket Mimika Sport Complex (MSC), Jawa Timur (Jatim) akhirnya mengamankan satu tiket ke semifinal setelah mengandaskan perlawanan Bali dengan skor 74-68.

Di kuarter awal, Bali tampil dominan dan sudah unggul 4 angka melalui shooting Legoh dan Putra. Jatim perkecil skor 2-4 melalui tembakan James.

Namun Legoh kembali bawa Bali unggul 6-2. Defence yang ketat dari kedua tim membuat skor 10-6 bagi keunggulan Bali. 

Memasuki kuarter kedua, Bali tampil dominan. Arghantara cetak shooting dua angka dan aksi dribling Pande bawa Bali unggul 16-8.

Namun Dio mampu tambah dua angka Jatim setelah melewati dua pemain. Jump shooting Putu kembali membawa Bali unggul hingga kuarter kedua dengan 18-12.

Pada kuarter ketiga Jatim mulai memberikan perlawanan. Namun aksi shooting Legoh bawa Bali unggul 26-18. Begitu juga berawal dari aksi dreabling Pande mampu menambah dua angka.

Namun Jatim mampu menambah enam poin tambahan melalui aksi Nofal dan Andreas. Dan ditambah lemparan dua angka Petrick. Hingga kuarter ketiga Jatim hanya tertinggal 26-28. 

Di kuarter terakhir lemparan dua angka Andre bawa Jatim samakan skor 30 - 30. Namun tembakan dua angka Murda bawa Bali kembali unggul 32-30.

Fadhil bawa Jatim berbalik unggul 33 -32. Dua menit jelang kuarter empat berakhir kejar-kejaran skor kembali terjadi. Hingga akhirnya Jatim mampu menang dengan skor 44-42.

Usai laga pelatih Jatim Wukir Kencana mengapresiasi perjuangan anak asuhnya yang sudah tampil luar biasa. Keinginan untuk bisa meraih kemenangan menjadi kunci anak asuhnya bangkit hingga detik-detik jelang kuarter terakhir.

"Saya sangat apresiasi untuk anak - anak ya. Mereka sudah mau berbuat lebih bagi buat tim ini. Walau secara hasil juga gak bagus - bagus amat. Ternyata menang memang menjadi beban mereka," ujarnya.

Sementara pelatih Bali Rustawijaya mengaku di kuarter terakhir anak asuhnya sangat lengah sehingga bisa dimanfaatkan lawan untuk meraih kemenangan. 

"Di awal kuarter terakhir kita lengah. Jadi Jatim memanfaatkan kelengahan kita," ujar Rustawijaya.

Dengan kemenangan ini, maka Jawa Timur yang tampil sebagai juara grup B berhak mendampingi Sulawesi Utara ke semifinal. Sedangkan Sulut diluar dugaan kalah atas tuan rumah Papua dengan 62 - 74.

Sedangkan di grup A, DKI Jakarta dan Jawa Tengah akan saling berhadapan untuk meraih satu tiket ke semifinal mendampingi Jawa Barat yang lolos lebih awal.

Pewarta: Joko Saputra
Editor: Tegar Haniv Alviandita
Sumber: RRI