RRI

Dua Emas Plus Rekor Diraih Maria Londa

6 Oktober 2021 18:25 WIB
Dua Emas Plus Rekor Diraih Maria Londa

KBRN, Mimika: Dobel emas plus Rekor Pekan Olahraga Nasional (PON), diraih atlet Bali, Maria Natalia Londa, pada PON XX Papua 2021.

Setelah hari pertama ia merebut emas dinomor lompat jauh, hari ini, Rabu (6/10/2021), Maria Londa kembali meraih medali emas nomor lompat jangkit putri. Hasil ini, sekaligus memecahkan rekor PON atas namanya sendiri dengan jarak lompatan 13.60 meter.

Lompatan sejauh 13.60 meter di Stadion aAtletik Mimika Sport Complex (MSC), memecahkan rekor yang dibuatnya pada PON 2016 Jawa Barat, dengan lompatan sejuah 13.52.  

Sedangkan lompatan terbaik Maria Londa, dilakukan pada 2013 silam, yakni 14.17 meter.

Maria Londa mengatakan, raihan emas yang didapatkan pada hari ini, bisa memberikan semangat bagi atlet Bali lainnya yang bertanding di PON Papua, utamanya di cabang olahraga atletik.

"Saya sangat senang sekali karena bisa menyelesaikan dengan baik, dan sesuai harapan dengan meraih 2 medali emas," ungkap Maria Londa, Rabu (6/10/2021).

Raihan medali emas kedua di PON Papua tersebut, melengkapi raihan 6 medali emas yang didapat di PON sebelumnya. Total 8 medali emas Maria, didapat didua nomor spesialisasinya yakni lompat jauh dan lompat jangkit.

Sementara itu, atlet asal Banten, Maesaroh berhasil mendapatkan medali perak, dengan lompatan mencapai 12.60 meter.

Pada nomor lompat jangkit putri hanya dua medali yang diserahkan panitia pelaksanan, karena sesuai aturan PO  jika peserta yang mengikuti kurang dari 5 provinsi, maka hanya ada 2 medali yang diperebutkan, yakni emas dan perak.   

Pewarta: Sumarsono
Editor: Tegar Haniv Alviandita
Sumber: RRI