RRI

Atlet Kalteng Raih Perunggu dari Cabor Atletik

6 Oktober 2021 18:50 WIB
Atlet Kalteng Raih Perunggu dari Cabor Atletik

KBRN, Mimika: Perjuangan Eko Rimbawan Atlet Atletik Kalimantan Tengah mampu menyaingi pelari Dunia Lalu Mohammad Zohri dinomor Lari cepat (Sprin) 100M. Berlangsung di Arena Atletik/Sport Center Mimika, Rabu (6/10/2021).

Eko dilintasan delapan, lintas keberuntungan, waktu lari Eko tercatat 10,69,92 sekon, sehingga Eko diurutan tiga, mendapat perunggu. Juara 1 dan 2 ditangan NTB Lalu dan Sudirman.

"Saya berterimakasih kepada bapak Karuhei dan teman-teman PASI selama ini sudah membina saya, medali ini saya persembahkan kepada keluarga dan pak Karuhei dan teman-teman," kata Eko dengan nada terharu.

"Saya tidak ada target untuk ke PON ini, masuk final pun itu sudah syukur, ini dapat perunggu, ini suatu keajaiban bagi saya," jelasnya.

Pelatih Kepala Atletik Kalteng, Karuhei TN Asang didampingi Hardiansin (Pelatih) dan Jamri (Sekum Pemprov PASI Kalteng) hasil perunggu ini diluar dugaan, persaingan ketat, selisih tipis dengan pelari Dunia Lalu Mohammad Zohri dan Sudirman Hadi asal NTB.

Dibabak penyisihan Eko mencatat waktu paling tercepat dari Lalu Mohammad Zohri, sehingga masuk Final, di Final ternyata keadaan terbalik, tapi tidak masalah  bisa raih Perunggu.

"Kami bangga dengan Eko, dia menerapkan apa yang selama ini kami latih diterapkan di PON, selama latihan di Palangka Raya Eko ngekos, kami sudah bina Eko sejak 2014, setelah dari Porprov kami tarik ke pengprov PASI, saat ini usia Eko 25tahun," jelasnya.

"Sebenarnya saya sudah yakin Eko mendapat medali, hanya saja saya tidak mau terlalu Uber, kita tunggu hasilnya, ternyata benar dapat memperoleh medali, meskipun warnanya bukan emas, saya berterimakasih kepada Eko yang sudah berjuang memberi yang terbaik di PON untuk Kalteng," pungkasnya.

Ketua Kontingen Kalteng Cluster Mimika, Nurani Mahmuddin mengaku, salut dengan Eko mampu memberi terbaik di ajang PON ini.

"Dengan persiapan apa adanya mampu meraih perunggu, terimakasih Eko dan Tim Pelatih yang sudah membina dan mendampingi sejauh ini hingga mampu meraih prestasi tertinggi dinomor bergengsi 100M," tutur Waketum I KONI Kalteng ini.

Juara 1 Lalu Muhammad Zohri (NTB) dengan waktu 10.46, Juara 2 Sudirman Hadi (NTB) dengan waktu 10.68, Juara 3 Eko Rimbawan (Kalteng) dengan waktu 10.70

Pewarta: Gordon Tobing
Editor: Syarif Hasan Salampessy
Sumber: RRI