RRI

DKI dan Jatim Bertemu di Semifinal Basket

6 Oktober 2021 19:50 WIB
DKI dan Jatim Bertemu di Semifinal Basket

KBRN, Medan: Kekalahan tim basket putra DKI Jakarta atas Jawa Tengah pada penyisihan akhir grup A Pekan Olahraga Nasional (PON) 2020, membuat drama kembali terjadi di cabang olahraga jaring itu. Pasalnya kekalahan tersebut membuat DKI sebagai runner up Grup A harus meladeni Jawa Timur yang tampil sebagai juara grup B di babak semifinal.

Usai laga pelatih DKI Jakarta Syailendra mengakui sejak kuarter awal anak asuhnya lambat panas sehingga bisa dimanfaatkan tim lawan.

“DKI memang start nya agak lambat. Kita mulai di kuarter ketiga dan keempat berhasil. tapi banyak skenario tidak berjalan. Di kuarter keemapt juga miss lagi,” ucap Syailendra.

Menariknya, untuk di kategori basket putri, babak semifinal juga akan mempertemukan Jawa Timur versus DKI Jakarta. Hal ini tentu menjadi momentum yang ditunggu para pecinta bola basket tanah air.

Sebelumnya basket putra DKI Jakarta harus mengakui ketangguhan Jawa Tengah dengan skor 82-88, pada pertandingan yang berlangsung di GOR Basket Mimika Sport Complex, Rabu (6/10/ 2021) sore.

Dikuarter awal DKI sudah tertinggal jauh dari Jateng dengan skor 14-25. Begitu juga di kuarter kedua, Saudale dkk masih tertinggal 18 poin. Memasuki kuarter ketiga DKI mulai bangkit dengan melancarkan serangan cepat dan defense yang kuat, meski kembali tertinggal 66-70. Memasuki kuarter keempat skor semapt imbang 77-77. Namun, penampilan cemerlang sang kapten Jawa Tengah Titoaji membuat DKI menyerah 82-88.

Menghadapi Jawa Timur di semifinal, ia sudah memiliki strategi tim lawan. Diuntungkan dengan banyaknya pemain lawan yang absen, membuat Syailendra optimis bisa memenangkan pertandingan. “lawan Jawa Timur kita akan bermain push terus ya karena bench nya tidak cukup untuk back up strating fight nya,” ujarnya.

Hal yang sama juga dikatakan Julianto. Menurutnya sejak awal ia dan rekannya tidak fokus pada defense sehingga tim lawan dengan mudah menembus pertahanan mereka. “Di kuarter pertama dan kedua kita slow start dan tidak menjalankan intruksi defense. Sementara pada kuarter ketiga kita coba back up tapi dikuarter keempat kita tetap miss lagi. Menghadapi Jatim di semifinal kita harus menang,” imbuh Julianto.

Sementara di laga lain untuk basket putra 5X5 akan mempertemukan Sulut lawan Jawa Tengah, dan di sektor putri Bali menghadapi Sulawesi Selatan. (Joko Saputra)

Pewarta: Joko Saputra
Editor: Syarif Hasan Salampessy
Sumber: RRI