RRI

Tim Sepak Bola Aceh Kalah dari Papua

6 Oktober 2021 23:00 WIB
Tim Sepak Bola Aceh Kalah dari Papua

KBRN, Jayapura: Tim sepak bola Pekan Olahraga Nasional (PON) Aceh harus mengakui keunggulan tuan rumah,Papua. Penggawa Bumi Serambi Mekkah kalah tipis, 1-0. 

Satu gol untuk tuan rumah dicetak Samuel Gideon Balinsa, pada laga perdana babak 6 besar PON XX Papua, di Stadion Mandala Jayapura, Rabu (6/10/2021) sore.

Sejumlah perubahan taktikal dilakukan pelatih Fakhri Husaini di laga ini, termasuk memainkan starter Perda Rahman, Moh Fahrizal dan TM Reza Pratama. Bahkan, nama terakhir baru kali perdana diturunkan sejak sepakbola PON Aceh mulai bertanding di Papua.

Tidak hanya itu, untuk posisi Penjaga Gawang dipercayakan kepada Chairil Zul Azhar. Sementara bek tengah, Khairunnas kembali diturunkan sejak awal pertandingan.

Dalam laga ini, pujian pantas didapatkan Zul Azhar yang berhasil menepis penalti Papua di awal laga. Bintang PON Papua, Ricky Ricardo Cawor yang maju sebagai algojo, digagalkan Zul Azhar, kiper asal Langsa itu berhasil membaca arah bola dan menepisnya. Top skor sementara itu, tertunduk lesu, seakan tak percaya kilaunya tak menyala saat itu.

Keberhasil Zul Azhar menggagalkan pinalti tuan rumah, mendongkrak semangat dan kepercayaan diri dan rekan yang lain. Alvin, Muharrir, sesekali berhasil melepaskan umpan ke depan. Perda, TM Reza dan Fahrizal sempat mengancam gawang Papua. Hingga turun minum, skor tidak berubah 0-0.

Di babak kedua, tim pelatih PON Aceh yang berasistenkan Mukhlis Rasyid-Azhar- Amiruddin langsung merubah strategi. Sejumlah pemain kunci diturunkan. Gelandang kreatif, Ridha Umami serta tiga penyerang, Reza Rizki, Muzakir dan Akhilu Wadhan dimasukkan.

Perubahan tersebut, sedikit banyak memberikan perubahan. Aceh lebih mengancan. Namun, kesolidan dan militansi Khairunnas cs, tembus jua. Keberuntungan untuk tuan rumah terjadi pada menit ke 54′. 

Lewat penyerang kiri, Gideon yang bermaksud melepaskan crossing, bola justru sedikit mengenai kaki bek pemain Aceh, hingga melambung tinggi dan masuk ke gawang Aceh sehingga 1-0 untuk tuan rumah.

Meski kalah, Fakhri Husaini mengapresiasi perjuangan anak asuhnya. Hanya kalah 0-1 dari Papua, menjadi modal tersendiri bagi tim yang ia asuh, untuk pertandingan melawan PON Sumatera Utara, Jumat (8/10/2021) sore mendatang.

“Ini modal buat kita menatap laga selanjutnya, kita kalah 1-0 melawan tuan rumah. Dan kita masih punya kesempatan saat berhadapan dengan Sumatera Utara,” demikian kata Fakhri Husaini usai laga tersebut.

Pewarta: Syahril Ahmad
Editor: Bobby Sapulette
Sumber: RRI