RRI

Basket Putri Jatim Masuk Final, Kalahkan DKI

7 Oktober 2021 11:50 WIB
Basket Putri Jatim Masuk Final, Kalahkan DKI

KBRN, Mimika: Sumbangan 23 angka dari Christine Aldora Tjundawan mengantarkan tim basket putri Jawa Timur lolos ke final Pekan Olahraga Nasional (PON) ke XX Papua. Berlangsung di Basket Mimika Sport Complex, Kamis (7/10), anak asuh Lena sukses kalahkan DKI Jakarta dengan skor 71 -47. 

Memasuki kuarter awal Jesslyn bawa DKI unggul 2-0. Jawa Timur yang diperkuat pemain timnas junior Djundawan dan Adelaide mencoba balik menekan. Djun sumbangkan poin dan samakan skor 2-2. Jawa Timur kembali menambah poin melalui Faiz dan unggul 9-6. Sebelum akhirnya jump shoot Djun bawa Jatim akhiri kuarter pertama dengan keunggulan 23 - 13.

Memasuki kuarter kedua, DKI belum bisa keluar dari tekanan. Djun kembali sumbangkan 11 poin bagi Jatim dan pimpin dengan skor 25 -13. Lemparan free throw Julienna perjauh skor 27-13. DKI coba perkecil jarak melalui dua angka Tiara dan satu angka free throw Chris. Serly juga tidak ingin kalah sumbangkan three point bagi Jatim. Kuarter kedua Jatim unggul 39-24.

Memasuki kuarter ketiga, Jatim kembali dominan. Sumbangan delapan angka dari Djundawan membawa Jatim menutup kuarter ketiga dengan keunggulan 57-35.

Begitu juga di kuarter ketiga, Jatim bermain enjoy dan menutup laga dengan kemenangan 71-47. Dengan hasil ini maka Jatim memastikan langkahnya lolos ke babak final. Djundawan kembali menjadi penyumbang poin tertinggi yakni 23 angka. KemudiannFaizzatus 19 poin dan Amelia 15 angka. 

Dengan kemenangan ini Djundawan mengaku strategi yang mereka rencanakan berjalan optimal. Atlet yang pernah perkuat Asian Games 2018 ini mengaku telah memahami kekuatan lawan. 

"Untungnya tim kita sudah siap 100 persen dan sudah review tadi malam. Sehingga tidak kasih kesempatan buat DKI untuk balikkan skor," ujar atlet berusia 23 tahun ini.

Kunci kemenangan timnya adalah fokus pada defense dan tidak memberikan ruang bagi DKI untuk mengejar poin. "Kesulitan ya melawan diri sendiri untuk fokus dan mau defense. Yang penting defense dulu nanti opensif otomatis ikut," katanya. 

Sementara pelatih Jatim, Lena mengaku anak-anak bermain enjoy dan percaya diri. Kunci keberhasilan mereka mengalahkan DKI adalah fokus pada defense.

"Kita tahu defense DKI longgar sehingga kita manfaatkan itu sembari kita perkuat defense sejak kuarter pertama sampai empat," ungkapnya. 

Dengan kemenangan ini Jatim masih menunggu pemenang antara Bali menghadapi Sulsel untuk berlaga di final yang berlangsung Sabtu (9/10/2021). Skor sementara di kuarter pertama, Sulsel unggul 9-6.

Pewarta: Joko Saputra
Editor: Nugroho
Sumber: RRI