RRI

Berjalan Sukses, Cabor Sepak Bola Diapresiasi

8 Oktober 2021 08:40 WIB
Berjalan Sukses, Cabor Sepak Bola Diapresiasi

KBRN, Merauke: Mantan Plt Ketua Umum dan exco PSSI, Gusti Randa, menilai penyelenggaraan cabang sepak bola, baik putra di Jayapura, maupun kategori putri di Merauke, berlangsung sukses. 

"Saya menilai sudah bagus ya, panpelnya bekerja dengan sangat bagus. Terbukti dari dua venue yang sebetulnya berjauhan, Jayapura dan Merauke, pertandingan itu berjalan dengan baik," ujarnya. 

Gusti Randa menuturkan, keberhasilan pelaksanaan cabor sepak bola, telah menghapus citra buruk yang sempat tersemat untuk Papua sebagai daerah rawan konflik. 

"Saya sempat melihat pertandingan antara Papua lawan Aceh ya. Ternyata pertandingan berjalan cukup kondusif dan tertib, tidak ada masalah. Meskipun kalau prokes itu tidak dapat dihindari, itu euforia masyarakat. Yang terpenting semua saya lihat masih memakai masker," ungkapnya. 

Ketika meninjau laga antara tuan rumah Papua melawan tim putri Jawa Barat, Kamis (8/10/2021) sore, di Stadion Katapal Merauke, Gusti Randa juga mengapresiasi kesiapan panitia mengamankan jalannya pertandingan. 

"Saya rasa panitia di sini sudah siap, dan nanti saya berharap tetap aman sampai berakhirnya pertandingan," kata dia. 

Ungkapan yang hampir senada juga diutarakan pelatih Kalimantan Tengah (Kalteng) Marali. Menurutnya, panpel dan panitia PB PON serta para relawan, sangat siap membantu tim yang bertanding. Mulai dari akomodasi, pengamanan hingga makanan bagi atlet. 

"Saya mengacungi jempol untuk Papua, saya merasa tuan rumah sangat baik pelayanannya," tutur Marali, Jumat (8/10/2021) pagi. 

Tak hanya itu, perlakuan bagi tim, baik sebelum maupun sesudah pertandingan, juga sangat baik. 

"Kami terkadang sampai bingung, banyak sekali makanan. Kami bingung mau menghabiskannya. Penyelenggaraan PON di Papua ini benar-benar top," tandasnya. 

Pertandingan cabor sepak bola putri tinggal menyisakan babak empat besar serta final. Tim DKI Jakarta, sebagai juara Grup A, akan menghadapi tim putri Jabar. 

Sedangkan tuan rumah Papua yang menjadi juara Grup B akan melawan tim putri Babel. Pertandingan semifinal akan berlangsung Sabtu (9/10/2021), dan untuk final serta perebutan tempat ketiga digelar Senin (11/10/2021) pekan depan. 

Pewarta: Rosihan Anwar
Editor: Nugroho
Sumber: RRI